Share

HARI MERDEKA: Yuk Belajar Sejarah dengan Riang Gembira di Teater Proklamasi

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 17 406 1757816 hari-merdeka-yuk-belajar-sejarah-dengan-riang-gembira-di-teater-proklamasi-22pk50zXWu.jpg

TANGGAL 17 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak 1945, di mana kemerdekaan diproklamirkan oleh pada pejuang bangsa, kini Indonesia menginjak usia yang ke-72.

Sejarah berdirinya bangsa sudah berlalu lebih dari setengah abad, tapi sejarah tidak boleh hilang dan dilupakan. Anak-anak sebagai generasi penerus, harus tahu asal-usul berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mengenal sejarah lewat buku sudah terlalu membosankan bagi anak. Perlu cara lain untuk mengajarkan anak sejarah perjuangan bangsa lewat hal yang manarik. Misalnya pertunjukkan teater proklamasi, cara ini dianggap menarik karena selain belajar anak juga terhibur.

(Baca Juga: Rumusan Teks Proklamasi, dan Kisah 2 Kalimat Penting Usulan Soekarno-Hatta)

Senior Manager Marketing & Creative KidZania Jakarta, Lindung Artha Mahendra mengatakan, dengan menyaksikan teater spesial hari kemerdekaan ini anak Indonesia diharapkan dapat memahami perjuangan para pahlawan pada zaman dulu dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sehingga diharapkan mereka akan memiliki jiwa nasionalis dan pemberani seperti pahlawan-pahlawan yang terdahulu, juga bermanfaat bagi negara.

“Pertunjukkan ini digelar untuk mengajak seluruh anak Indonesia mengenang jasa pahlawan serta menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini. Lewat teater, anak-anak juga dapat dengan mudah mengenal nama-nama pahlawan lewat peran yang dimainkan pelaku teater,” jelas Lindung saat ditemui Okezone, Kamis (17/8/2017).

Cerita teater ini diawali dengan jalan cerita dari zaman penjajahan. Bagaimana penjajah dulu menyiksa penduduk pribumi untuk menguasai wilayah Indonesia. Kemudian, ditunjukkan pula strategi perang para pejuang yang membela negara dengan peralatan perang seadanya tanpa senjata api. Hingga pada akhirnya, perjuangan keras, pengorbanan, dan semangat pantang menyerah para pahlawan berhasil membawa negara ini merdeka.

(Baca Juga: Menyingkap Misteri di Balik Naskah Proklamasi)

“Maka jadilah tanggal 17 Agustus ditetapkan sebagai hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena pada saat itu bangsa Indonesia telah menyatakan merdeka dari penjajahan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia resmi berdiri. Tahun ini, kita merayakan hari kemerdekaan yang ke-72. Seperti yang kita tahu, setiap tanggal 17 Agustus menjadi momen yang sakral dan dapat kita jumpai diseluruh pelosok Indonesia yang memasang bendera merah putih serta mengadakan kegiatan upacara bendera sebagai peringatan akan kemerdekaan,” tuturnya lebih lanjut.

Teater yang berdurasi selama kurang lebih 30 menit ini tak hanya mengisahkan perjuangan hingga hari kemerdekaan. Setelah dinyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata Indonesia belum benar-benar merdeka karena masih harus berperang melawan sekutu-sekutu yang ingin menjajah kembali Indonesia, sampai akhirnya Indonesia benar-benar diakui kemerdekaannya oleh dunia.

(Baca Juga: Jokowi Angkat Empat Tokoh Jadi Pahlawan Nasional)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini