Share

OKEZONE WEEK-END: Sehat dan Alami, 5 Ragam Jamu Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

Dewi Kania, Okezone · Minggu 20 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 194 1758686 okezone-week-end-sehat-dan-alami-5-ragam-jamu-rahasia-kecantikan-wanita-indonesia-lUfLNk6WMF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

JAMU tergolong ramuan alami yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Selayaknya minuman tersebut khasiatnya tak hanya untuk menjaga kesehatan, namun juga untuk mendukung kecantikan wanita.

Wanita dulu mengandalkan jamu sebagai kunci rahasia kecantikan alami yang bisa diminum setiap hari. Jamu bukanlah obat, tetapi hanya sebagai pendamping minuman yang boleh dikonsumsi setiap hari.

(Baca Juga: Susah Bedakan Bau Bensin dan Permen? Awas, Indikasi Awal Kepikunan)

Ramuan jamu menjadi warisan alami yang masih diminati kaum hawa hingga kini. Meski hanya segelintir orang yang tinggal di daerah pinggiran saja mengandalkan jamu. Sehingga, mencari jamu alami di zaman sekarang tidak cukup mudah.

Beberapa perusahaan telah memanfaatkan ramuan jamu dengan mengemasnya dengan teknologi modern. Ada banyak produk jamu milik perusahaan yang dijual di pasaran.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Juga, untuk mencari jamu alami nampaknya kini sangat sulit. Apalagi di kota besar, hampir jarang penjual jamu tradisional yang keliling menjajakan dagangannya.

Ada beragam jenis jamu yang masih diminum oleh kaum hawa di kehidupan modern. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone, Minggu (20/8/2017).

Kunyit asam

Minum jamu kunyit asam bisa membuat penampilan wanita sangat cantik dan menawan. Bagaimana tidak, minuman ini dapat menjaga berat badan wanita agar tetap ideal, menghilangkan bau badan, membuat kulit tetap halus, melancarkan siklus menstruasi, sampai menghindari bau Miss V yang menyengat.

Seperti kita tahu, kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara asam juga hampir memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Anda boleh setiap hari mengonsumsi jamu kunyit asam karena baik manfaatnya. Beberapa jenis jamu kunyit asam juga sudah dijual dalam kemasan botol modern.

Atau jika Anda menemui pedagang jamu sebaiknya membeli langsung. Cari jenis jamu yang bebas pemanis buatan. Atau yang lebih aman, Anda juga dapat membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah jika sulit menemukan pedagang jamu.

Caranya rebus kunyit dan asam, lalu campurkan dengan gula merah asli. Godok sampai sarinya terlihat kekuningan. Kemudian saring sampai tidak berampas. Anda bisa menyimpannya di kulkas hingga waktu dua hari.

Daun sirih

Ramuan jamu daun sirih juga digemari oleh kaum hawa. Manfaatnya sangat melimpah, termasuk mengurangi keputihan, menghilangkan bau Miss V yang tak sedap, menghilangkan bau ketiak, hingga dipercaya membuat Miss V tetap rapat.

Karena Anda selalu menjaga kesehatan organ intim, akhirnya minun jamu daun sirih juga dapat melawan pertumbuhan sel kanker serviks.

Wajib Anda tahu, daun sirih mengandung zat antioksidan yang tinggi dan beberapa kandungan mineral lainnya. Anda bisa mencampurkan rempah lainnya seperti temu kunci, jeruk nipis dan gula merah saat membuat minuman sehat ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beras kencur

Kencur merupakan rempah asli Indonesia yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit wanita. Anda bisa terbebas dari noda kulit menghitam, kulit lebih kencang dan bebas jerawat bila Anda minum jamu beras kencur setiap hari.

Sama seperti kunyit asam, jamu beras kencur juga mudah ditemui. Biasanya jamu ini sudah dijual di beberapa restoran, sehingga dengan mudah Anda membelinya. Jamu ini dibuat dari olahan beras, kencur dan tambahan jahe, kunyit dan kapulaga.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Jangan lupa minum jamu beras kencur setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh. Serta menjaga berat badan Anda agar tetap ideal sepanjang hari.

Daun katuk

Minum jamu daun katuk sangat baik untuk wanita hamil dan menyusui. Konon, jamu ini dapat memperbanyak hasil ASI yang diproduksi secara alami oleh ibu menyusui.

Daun katuk juga tinggi kalsium, sehingga aman dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Minum jamu ini juga dapat melangsingkan tubuh karena membakar lemak dengan alami.

Anda bisa mencampur daun katuk dengan kunyit dan gula merah asli. Anda bisa mengombinasikan dengan minum jamu beras kencur setiap sore hari.

Jamu pahitan

Wanita juga harus minum jamu pahitan agar tubuhnya tetap bugar. Ramuan ini terdiri dari sambiloto dan temulawak sebagai bahan dasarnya, kayu manis, kunyit, jahe dan lainnya. Khasiatnya jamu pahitan bisa menjaga kesehatan dan kecantikan wanita.

Antara lain jamu pahitan dapat mencegah timbulnya jerawat, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga manfaat untuk melawan kanker yang kini jumlah penyakitnya meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini