Share

FOOD STORY: Kenali Hong Kong Lebih Dekat, Lewat Kelezatan Kulinernya

Tentry Yudvi, Okezone · Minggu 20 Agustus 2017 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 20 298 1759236 food-story-kenali-hong-kong-lebih-dekat-lewat-kelezatan-kulinernya-P1ZfXcD76O.jpg Kuliner Hong Kong (Fotoo: Youtube)
A A A
NAPAK tilas biasanya terukir dari bangunan tua. Namun, Hong Kong punya cara beda untuk ajak Anda kembali ke masa lalu yakni melalui makanan. 
Beragam sajian khas bersejarah Hong Kong saat dijajah Inggris kini menarik sejumlah wisatawan dunia. Rasa yang otentik hingga kisah dibalik setiap makanan begitu membekas di lidah para pencinta makanan. Anda mungkin akan jatuh cinta juga lho. 
Penasaran seperti apa sajian bersejarah dari Hong Kong ini? berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari CNN. 
BACA JUGA:
Seafood kering
Pernakah Anda mencoba ikan kering ketika pergi ke Hong Kong ? jika pernah, rupanya makanan dengan rasa asin ini punya sejarah panjang lho. 
Sebelum Hong Kong dijajah kolonial Inggris, kota yang menjadi wilayah administratif negeri Tirai Bambu tersebut dulunya menjadi kota pabrik atau kota perekonomian yang sibuk. Kawasan ini dihuni oleh nelayan. 
Wilayah ini sering dijadikan pelabuhan bagi bangsa Eropa, Asia hingga perompak. Mereka sering berlabuh dalam waktu cukup panjang. Kemudian, mereka melihat ikan kering yang ditemukan di Hong Kong begitu sangat berharga. 
Lalu saat masa pre-pendinginan setelah perang, ikan kering atau disebut Haam Yu ini menjadi salah satu menu utama di dapur masyarakat sekitar. Masyarakat meyakini jika ikan kering adalah sumber protein yang mudah bagi masyarakat sekitar dan memberikan usia panjang bagi pelaut yang berlabuh tersebut. 
Tanpa adanya ikan kering, para pelaut tidak akan bisa berlayar lama terutama ketika perjalanan panjang. Dari situlah ikan kering yang kini dapat ditemukan di kawasan Sai Yin Pun menjadi makanan khas dari Hong Kong. 
Cha Chaacan Teng
Pertengahan tahun 1950, banyak perubahan terjadi di Hong Kong. Pihak Inggris sudah menancapkan benderanya di tahun 1841, penjajah pun menguasai seluruh kawasan. 
Setelah perang dunia ke II, imigran China mulai memenuhi Hong Kong. Mereka mulai membersihkan sisa-sisa kolonial dan mengembalikan lagi masa lampau Hong Kong di tahun 50 an dan 60 an. 
Seiring pemulihan masa setelah perang, kawasan ini kembali menjadi tempat pabrik. Di mana kota menjadi sangat berkembang. Sejak saat itu, mulailah marak akan kemunculan kedai kopi ditemukan di Hong Kong. 
Namun, hanya ada satu kedai kopi yang masih menyimpan sejarah Hong Kong dari sajian minuman khasnya, ialah Cha Chaacan Teng yang sudah ada sejak 1920.
Mereka memiliki menu makan malam akan 75 tahun lebih sejarah Hong Kong yakni telur tart, roti panggang bergaya Hong Kong, dan teh susu yuanyang - campuran teh hitam dan kopi yang kuat. Anda bisa duduk di cha chaan teng dan memiliki selai kacang dan susu kental di roti bakar.

BACA JUGA:

MENAKJUBKAN, dari Pisang hingga Permen Loli, Karya Seni Ini Terbuat dari Makanan

POP SUGAR: Keren, Parfait Ini Punya Tampilan bak Taman Zen di Jepang

Mencoba Saus Soya
Rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi Saus Soya yang menjadi ciri khas makanan Hong Kong dan Asia. Awal mulanya mirip dengan kisah Cha Chaan Teng, makan malam dengan gaya tahun 50an dan 60an.
Awal mula saus soya ini booming yakni ketika orang kaya dari Hong Kong traveling keliling Eropa dan Inggris. Kemudian, ketika mereka kembali, mereka ingin rasa yang lebih kosmopolitan seperti steak. 
Sebagai jawaban, orang Kanton yang menjadi penduduk asli Hong Kong kemudian memasak di hotel internasional mengambil banyak pelajaran dari restoran Barat. Lalu, mereka mengubah rasanya agar cocok dengan lidah orang-orang Kanton.
Sejak saat itu, saus soya khas orang Kanton banyak digunakan ketika memasak beragam sajian. Jadilah, saus soya Asia kini begitu booming digunakan hingga saat ini. Padahal, asli saus tersebut dari negeri Barat, kini jika mencari saus soya negeri Eropa saja sudah sangat susah dan langka. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini