Share

Penjelasan Ilmiah Tidur 'Ditindih Setan' yang Bikin Panik

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 18:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi susah tidur (Foto: Shutterstock)

BENAR tidak? Seseorang bisa mengalami tidur yang kurang nyaman karena ditindih setah. Ada alasan ilmiahnya yang harus diketahui agar tidak membuat Anda penasaran.

Tidur ditindih setan atau rep-repan sebenarnya terjadi akibat kondisi tubuh menurun. Seseorang mengalami gangguan tidur yang disebut sleep paralysis. Namun, kondisi ini kerap membuat penderitanya panik.

Seseorang mengalami 'teror' saat tidur yang bisa membuatnya sulit bangun. Padahal kondisi ini berkaitan dengan gangguan dada dan pernapasan. Efeknya juga bikin orang seperti lumpuh, karena sulit bangun.

Dijelaskan lebih lanjut, sleep paralysis membuat orang mengalami sesak dada hingga memicu kelumpuhan. Biasanya disebabkan karena jam tidur berlebihan atau orang sering menyebut hibernasi.

Di saat tubuh istirahat, sleep paralysis menyerang. Bila dibiarkan tentu berbahaya, karena juga mengakibatkan denyut jantung bergerak cepat. Karena sulit bergerak, banyak orang yang bingung mengatasinya dengan cepat. Kondisi sleep paralysis rupanya juga pengaruh dari suasana hati kacau atau sedang stres. Emosi seseorang jadi sulit dikontrol dengan baik.

Banyak kalangan orang yang mengalami 'teror' tidur ini. Karena takut, mereka sering anggap bahwa saat tidur ditindih oleh makhluk gaib. Padahal tak ada kaitannya sedikitpun. Saking anehnya, fenomena ini bahkan membuat orang datang ke paranormal untuk menyembuhkan.

Padahal cara penyembuhannya dilakukan dengan terapi gangguan tidur. Dokter tidak akan memberikan obat untuk mengatasi masalah ini. Tapi hanya mengatur bagaimana pola tidur Anda dengan baik dan nyenyak.

Pertamanya, perbaiki dulu jam tidur Anda dengan benar. Ubah dulu jam biologis tubuh supaya lebih normal. Kalau sudah, coba setiap malam tidur selama 8 jam dan jam tidurnya harus di bawah pukul 22.00. Setiap tidur berdoalah dan matikan lampu, serta benda elektronik lainnya agar tidur nyenyak sampai pagi hari. Demikian dilansir Timesofindia, Sabtu (17/3/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)