Share

Kulit Kuaci hingga Permen Mint Ternyata Buat Rusak Gigi Kamu Loh!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 18:31 WIB
$detail['images_title']
Sakit Gigi (Healthsite)

MAKANAN jenis apapun bisa mempengaruhi kesehatan rongga mulut. Terlebih makanan yang terbuat dari tepung terigu atau permen yang manis.

Menjaga kesehatan mulut sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Sebab, banyak penyakit mengintai bila Anda mengabaikan rongga mulut tetap kotor.

Terlebih kalau Anda usai mengonsumsi makanan yang lengket atau menempel sisanya di mulut. Bisa-bisa menjadi plak yang memicu bahaya bagi kesehatan.

Agar bisa membuat gigi tetap bersih dan sehat, hindari 7 jenis makananberikut ini, dilansir Timesofindia, Kamis (5/7/2018).

 Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Pria Amerika Makan 74 Hotdog dalam 10 Menit

1. Biji bunga matahari

 Kuaci (NDTV)

Kuaci atau biji bunga matahari punya kulit luar yang keras. Tapi biasanya orang yang ngemil makanan ini harus menggunakan gigi untuk membuka kulitnya. Maka dampaknya bisa memicu kerusakan gigi dalam jangka panjang. Padahal memang kwaci mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan Anda. Jika ingin aman dikonsumsi, belilah kwaci yang sudah dikuliti dan Anda tak perlu lagi susah membuka.

2. Permen mint

 Permen mint

Orang menyukai permen mint untuk menyegarkan napas Anda. Tapi kalau terlalu sering mengonsumsinya, dampaknya bisa menyebabkan kerusakan gigi. Permen yang manis bisa menyisakan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Akhirnya berdampak buruk bagi rongga mulut yang tidak wajar.

 Baca juga: Merahkan Bibir Kamu dengan Bahan Alami Ini

3. Buah-buahan kering

Aneka jenis buah-buahan kering mengandung vitamin dan serat, tapi kandungan lainnya terdapat gula dan asam. Itu bisa mengganggu kesehatan rongga mulut, karena memicu perkembangbiakan bakteri. Ujung-ujungnya Anda sering mengalami sakit gigi atau napas jadi bau tak sedap.

4. Cuka

Anda mungkin suka makan bakso pakai cuka karena rasa asamnya menggugah selera makan. Ditambah lagi makan pempek, kuah cukonya bercita rasa asam pedas yang nikmat. Jika sering dikonsumsi bisa memicu erosi enamel. Lama-lama gigi bisa bolong dan memicu plak yang menempel di gigi.

5. Es batu

 Es batu

Makan es batu terlalu sering bisa membuat gigi terasa ngilu. Tentu makan apapun rasanya jadi tak nikmat. Kalau sudah mengalami hal ini, gigi terlalu sensitif dan sulit dicegah lagi. Karena itu, jangan makan es batu secara langsung jika tak ingin mengalami gangguan di rongga mulut.

 Baca juga: Selain Paul Pogba, Berikut Deretan Pemain Muslim di Timnas Prancis

6. Minuman kemasan

Segala jenis minuman kemasan umumnya mengandung asam sitrat. Itu dapt menyebabkan enamel terkikis. Padahal bagian itu merupakan lapisan pelindung gigi yang membuat Anda terhindar dari risiko gigi berlubang dan membusuk.

7. Minuman isotonik

Minuman isotonik mengandung tinggi gula yang sulit dicerna usus. Anda seharusnya menghindari minuman tersebut jika ingin gigi tetap sehat dan kuat. Jangan biarkan gigi Anda rusak karena sudah kecanduan minuman yang kerap dikonsumsi para atlet tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)