Share

Kota Mural di Prancis, Keindahannya Bikin Kamu Terhipnotis!

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2018 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 07 406 1919284 kota-mural-di-prancis-keindahannya-bikin-kamu-terhipnotis-9PAdd8VUDG.jpg Kota Mural Lyon (Amusing Planet)

OBJEK wisata terpopuler di Prancis tak hanya Menara Eiffel yang tinggi dan indah dipandang. Ada sebuah Kota Mural yang tak kalah cantik, wajib juga Anda singgahi saat melancong ke sana.

Kota Mural itu tidak lain adalah sebutan dari Kota Lyon di Prancis karena gedung-gedung pencakar langit berhiaskan lukisan jalanan epik. Hampir semua gambar muralnya menjadi simbol dari kisah singkat kota itu.

Selama empat dekade terakhir, sekelompok muralis di sana telah mengubah kota tersebut menjadi galeri seni luar ruang yang sangat besar. Mural-mural epik dilukis di dinding penutup trompe l'oeil di seluruh kota.

 Baca juga: Iklan Susu Kental Manis Dinilai Menyesatkan! Siapa yang Salah?


Gambarnya menceritakan peristiwa-peristiwa bersejarah atau orang-orang terkenal sejak lama. Misalnya ada kisa kecintaan Lyon dengan seni mural dimulai pada awal tahun 1970-an, yang dikenal lewat museum dan gedung bersejarah lain di sana.

 Kota Mural (Amusing Planet)

Hingga kini, mahasiswa-mahasiswa di kota itu yang menjadi seniman mural yang hasilnya indah. Semua pelancong yang melihat hasil lukisan di dinding gedung pasti dibuat terpikat.

Nah, apa yang mendasari bahwa Kota Lyon jadi penuh kreasi mural yang kini jadi cantik? Menurut CiteCreation Halim Bensaïd, Kota Lyon dulunya gelap dan suram. Kemudian seniman mural dan beberapa mahasiswa kreatif menghidupkan kota itu dengan seni mural.

 Baca juga: Hati-Hati! Lip Balm Akan Buat Bibir Kamu Makin Bermasalah

"Kota ini dulu macet, gelap, bahkan tercemar. Untungnya ada walikota baru yang mendukung adanya seni mural," ujar Seniman Mural Michael Noir, dilansir Amusingplanet.

 Kota mural dulu (Amusing planet)

Noir memutuskan untuk menghidupkan kota itu dan meremajakan beberapa pusat keramaian. Salah satunya adalah alun-alun kota, karena masih banyak gedung bersejarah kuno.

Sejak proyek pertamanya, para seniman kompak melukis gedung-gedung tinggi di kota itu. Mereka benar-benar berjuang untuk membuat wilayah Lyon menjadi ramai.

 Baca juga: Masih Hangat Diperbincangkan, Begini Sejarah Susu Kental Manis

Kota Mural (Amusing Planet)

Salah satu proyek terkenal hingga kini adalah Mur des Canuts atau dijuluki Wall of the Canuts. Lokasinya berada di distrik Croix-Rousse yang berbukit-bukit.

Mural trompe l'oeil menggambarkan sebuah tangga besar yang ada di tengah lukisan. Di bagian bawah, orang bisa melihat beberapa toko dan bank.

 Kota Mural (Amusing Planet)

Sementara itu kreasi mural yang terkenal lainnya ialah La Fresque des Lyonnais, sebuah lukisan dari sekitar 30 tokoh terkenal Lyon dari masa lalu dan sekarang. Termasuk Kaisar Romawi Claudius, pelopor pembuatan film Lumiere bersaudara, penenun sutera dan penemu Jacquard tenun Joseph-Marie Jacquard, penulis dan penerbang Antoine de Saint-Exupery dan lainnya.

Karya mural dari seniman ternama di dunia itu benar-benar unik. Bahkan ada satu gedung tua yang tidak layak pakai, tapi disulap dengan lukisan mural jadi terlihat indah.

 Kota Mural (Amusing Planet)

Setiap membuat kreasi mural, rata-rata para seniman tersebut membutuhkan waktu 2-9 bulan pengerjaannya. Menariknya, 80% dari mereka ialah kaum perempuan yang super kreatif.

Pelancong yang berkunjung ke Kota Lyon pasti tak menyangka bahwa dulunya wilayah ini suram. Kini banyak dari pelancong yang penasaran untuk membuktikan keindahan mural yang menghiasi gedung dan merasakan keramahan penduduk setempat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini