Share

Begini 3 Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Fienca Amelia , Okezone · Selasa 07 Agustus 2018 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 194 1932511 begini-3-cara-alami-mengatasi-masalah-rambut-rontok-GMTM8ogNUa.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)
A A A

RAMBUT merupakan mahkota bagi wanita. Banyak wanita yang mendambakan rambut yang sehat, hitam, panjang dan lembut. Masalah yang sering dijumpai oleh wanita adalah masalah kerontokan.

Kerontokan dapat terjadi karena berbagai alasan salah satunya seperti stres dan sering bergonta-ganti sampo. Okezone melansir dari WikiHow, inilah cara mengatasi rambut rontok:

1. Menggunakan perawatan alami

Gunakan minyak esensial yang dikombinasikan dengan pijat kulit kepala. Pijat meningkatkan sirkulasi yang baik di kulit kepala dan meningkatkan aliran darah ke folikel Anda. Dengan lembut pijat kulit kepala Anda setiap hari dengan tangan selama beberapa menit. Meskipun banyak yang mengklaim berhasil dengan perawatan ini, saat ini tidak ada bukti ilmiah yang jelas tentang keefektifannya.

Selain minyak essensial, cobalah menggunakan masker rambut alpukat. Alpukat berfungsi untuk melindungi dan memperkuat rambut Anda. Untuk membuat masker rambut ini Anda hanya membutuhkan alpukat, kuning telur serta satu sendok madu. Campurkan semua bahan tersebut lalu aplikasikan ke rambut Anda, pijat dengan lembut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan rambut sampai bersih. Lakukan perawatan ini setiap 2 minggu.

Lidah buaya dapat membantu mengurangi rambut rontok, memanjangkan rambut, dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Campurkan lidah buaya dan minyak kelapa untuk hasil yang lebih maksimal.

rambut rontok

2. Ubah gaya hidup

Cobalah untuk mengkonsumsi sayuan dan makanan yang kaya akan protein. Sayuran mengandung vitamin C, vitamin A dan vitamin E dapat membuat rambut lebih sehat. Untuk mencegah kerontokan rambut, pilih sampo Anda dengan bijak dan jangan terlalu sering membersihkan rambut karena rambut yang tidak memiliki minyak alami biasanya kering, rapuh, dan sulit diatur. Pilihlah shampoo sesuai jenis rambut Anda, bebas dari sulfat, dan shampo yang diformulasikan dengan pH netral untuk mencegah batang rambut membengkak.

Jernihkan pikiran, terkadang stress dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Selain itu, merokok dapat mempercepat kerontokan rambut dan proses perubahan warna rambur menjadi putih. Racun di dalam rokok dapat menyebabkan folikel rambut menjadi rusak. Maka berhentilah merokok.

3. Minum suplemen

Carilah suplemen yang memiliki beberapa kandungan vitamin A, B, C, D, E dan Omega-3. Kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan kulit kepala, memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini