Share

9 Foto Langka Bagian dalam Kakbah, Termasuk Spot Nabi Muhammad Berdoa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 406 1932664 9-foto-langka-bagian-dalam-kakbah-termasuk-spot-nabi-muhammad-berdoa-5Geqiu72oK.jpg

BERZIARAH ke tanah suci tentu menjadi impian bagi setiap umat Muslim. Di tempat inilah mereka dapat melihat langsung kemegahan Kakbah yang selama ini diketahui sebagai kiblat bagi umat Islam ketika salat. Kakbah juga menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi selama ibadah ibadah haji maupun umroh.

Namun sayangnya, selama ini umat Muslim hanya dapat melihat Kakbah dari bagian luarnya saja. Tidak banyak yang mengetahui seperti apa bentuk atau desain interior pada bagian dalam bangunan tersebut.

Beruntung, pada 30 Mei 2015, seorang pria bernama Yasser Ahmad memiliki kesempatan emas untuk melihat secara langsung bagian dalam Kakbah. Melalui akun Instagramnya, Yasser membagikan sejumlah foto langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

1. Pada foto pertama, Yasser mengunggah penampakan sudut ruangan yang diketahui merupakan tempat Rukn Al-Yamani, atau sudut Kakbah yang menghadap ke arah Yaman dan sejajar dengan hajar aswad.

2. Terdapat pula tulisan kaligrafi di dinding marmer yang menunjukkan lokasi Nabi Muhammad SAW berdoa ketika beliau memasuki Kakbah.

3. Tanda di lantai pada foto ini menunjukkan tempat yang sama ketika Nabi Muhammad berdoa dan salat.

4. Selain dihiasi kaligrafi dan ornamen-ornamen khas Timur Tengah, bagian dalam Kakbah juga dihiasi sejumlah lentera yang tergantung di dua pilar yang terletak di tengah ruangan.

5. Bergeser ke bagian dalam, terdapat pintu bernuansa emas yang digunakan untuk menuju bagian atap Kakbah.

6. Ada juga berbagai plakat dan prasasti untuk memperingati momen-momen tertentu, salah satunya saat renovasi Kakbah telah selesai.

(Baca Juga: Kisah Balerina Berhijab yang Sempat Ditolak Ikut Sekolah Balet Kelas Internasional) 


7. Contoh tulisan pada salah satu prasasti. "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, penguasa dunia dan semoga damai dan berkah Allah berada di atas para utusan yang paling mulia, pemimpin kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Revonasi tangga Kakbah yang diberkati dilakukan di bawah instruksi dari eminen, dan penjaga dua tempat suci yang mulia Raja Khalid bin Abdul Aziz Aal Sau'd di bulan Rabi'Al Awwal, 1397 AH. Semoga Allah menerima amal salehnya, Amin"

8. Foto dalam Kakbah secara keseluruhan 

9. Terakhir, Yasser membagikan foto sebuah meja yang ternyata merupakan tempat penyimpanan Bakhoor (wewangian). Demikian dilansir Okezone dari About Islam.

(Baca Juga: 6 Adat Pernikahan Muslim dari Berbagai Penjuru Dunia)


Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini