Share

Hindari Penolakan Kerja, 5 Hal Ini Tak Perlu Ditulis Dalam CV!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 07 Agustus 2018 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 196 1932959 hindari-penolakan-kerja-5-hal-ini-tak-perlu-ditulis-dalam-cv-Bnr9Z1TN8J.jpg CV (Shutterstock)
A A A

KAMU sedang mencari pekerjaan baru atau seorang yang baru lulus dari perkuliahan? Hal pertama yang dilakukan sebelum mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat tentunya membuat daftar riwayat hidup atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan curriculum vitae dan resume.

Dalam praktiknya membuat resume memang cukup mudah dan dianggap gampang, padahal kesalahan besar bisa berasal dari situ tanpa kamu sadari. Jadi, masih anggap resume itu sepele? Nah, supaya resume kamu aman dan dilirik pimpinan perusahaan incaran, baiknya kamu harus tahu apa saja yang mesti dituliskan dan tidak perlu dituliskan di sana, dikutip Okezone dari laman Huffington Post, Selasa (7/8/2018), berikut 5 hal yang tidak perlu kamu tulis dalam resume.

Baca juga: Keluarga Ini Adopsi Beruang, Foto-fotonya Nampak Harmonis Sambil Minum Teh Bareng!  

1. Kegiatan kampus yang tidak berkorelasi

Saat ini kamu tidak perlu menuliskan semua kegiatan organisasi atau kegiatan ekstra di luar waktu perkuliahan yang tidak ada kaitannya dengan bidang pekerjaan. Begitupun prestasi yang tidak ada korelasinya. Kamu hanya perlu menuliskan IPK terakhir, gelar, dan nama kampus saja, cukup.

Karier

2. Pengalaman kerja tidak relevan

Ya, boleh saja kamu punya banyak pengalaman kerja, tapi jika pengalamanmu itu lebih banyak yang tidak ada korelasinya dengan pekerjaan yang akan dilamar, maka sama saja kamu menarik diri dari lirikan pimpinan perusahaan. Sebab, semakin banyak pengalaman yang tidak relevan ada dalam resume, semakin banyak pula kamu mengotori narasi yang ingin kamu sampaikan.

Baca juga: Begini 3 Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Rontok

3. Typo

Kecil tapi berulah, typo namanya! Kalau menurutmu typo itu kesalahan kecil, maka kamu lah yang salah besar. Pasalnya, survei Accountemps menemukan ada 63 persen dari manajer yang mendiskualifikasi kandidat pelamar kerja karena salah ketik atau typo dalam resumenya. Maka, untuk mencegah typo, kamu perlu mengecek ulang resume yang telah kamu tulis sebelum memasukkannya ke dalam amplop.

Bekerja

4. Format resume rumit

Buatlah resume dengan rancangan tampilan yang segar, nyaman, dan mudah dibaca. Hindari menggunakan warna, font, gambar yang tidak lazim dalam resume, kecuali kamu mau jadi sasaran empuk penolakan dari lamaran yang kamu ajukan.

 Baca juga: 6 Fakta Tentang Rambut Kemaluan yang Harus Diketahui Wanita

5. Alamat email memalukan atau tidak pantas

Bagi yang pernah melamar pekerjaan mungkin sudah paham akan alamat email yang sepantasnya disisipkan dalam kolom kontak. Nah, untuk pelamar kerja pemula, kamu sebaiknya menghindari alamat-alamat email seperti flyguuuurl69@hotmail.com atau alamat dengan nama nyeleneh lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini