Share

Waspadalah, 7 Makanan Ini Bikin Mood Kamu Naik Turun!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 07 Agustus 2018 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 298 1932847 waspadalah-7-makanan-ini-bikin-mood-kamu-naik-turun-6OL9pApYlD.jpg Bad mood (Shutterstock)
A A A

MENGONSUMSI berbagai macam makanan tentu akan sangat menyenangkan. Pasalnya setiap makanan memiliki citarasa tersendiri yang berbeda antara satu dengan lainnya. Meski demikian, bukan berarti seseorang bisa mengonsumsi makanan melebihi batas, Anda justru harus bijak dalam mengonsumsi sesuatu agar tidak menimbulkan masalah pada tubuh Anda.

Pernahkah Anda mendengar istilah yang berbunyi ‘Biarkanlah makanan menjadi obat Anda, sementara obat menjadi makanan Anda’ . Ya, istilah ini telah berkembang setelah Hippocrates mengungkapkannya. Namun, apa jadinya jika makanan yang Anda konsumsi justru menjadi racun bagi tubuh?

 Baca juga: 6 Sifat Dasar Teman, Mana yang Cocok Jadi BFF?

Sebagaimana diketahui mengonsumsi makanan melebihi batas tertentu memang bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Beberapa gangguan berat seperti kecemasan dan depresi bisa saja menghantui Anda. Lantas apa saja makanan yang bisa mempengaruhi mood Anda? Menyadur dari Times of India, Selasa (7/8/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu.

 Moody

1.Kopi

Mengonsumsi makanan apapun secara berlebihan tentu akan buruk bagi kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk kopi karena dapat mendatangkan malapetaka jika terlalu banyak dikonsumsi. Kopi menghasilkan produksi kortisol, hormon stres utama dan dapat menyebabkan kelelahan adrenal, perubahan suasana hati, dan bahkan depresi.

2.Mentega putih

Menurut para ahli kesehatan, seseorang harus menghindari penggunaan shortenings sayuran setiap hari karena mereka tinggi lemak dan asam lemak omega-6 yang dapat mengganggu suasana hati dan tingkat insulin dengan memblokir asam lemak omega-3 yang meningkatkan suasana hati di dalam tubuh.

 Baca juga: Keluarga Ini Adopsi Beruang, Foto-fotonya Nampak Harmonis Sambil Minum Teh Bareng!

3.Bagel

Bagel dibuat dengan tepung yang tidak memiliki nutrisi dan dapat meningkatkan gula darah. Alhasil makanan ini menyebabkan hilangnya fokus dan kewaspadaan.

 Gak Fokus

4.Minuman bersoda

 

Kelebihan dalam mengonsumsi minuman bersoda menghasilkan peningkatan energi yang cepat dan mempengaruhi kontrol gula darah, tingkat energi, dan suasana hati.

5.Jus buah tinggi gula

Jus buah dan mixer koktail yang dikemas dengan kandungan tinggi gula memang akan memberi Anda energi instan. Namun, di sisi lain makanan seperti ini akan membuat Anda jengkel dan lelah.

Baca juga: Curhatan Ibu-Ibu: Selain Usir Nyamuk dan Kecoa, Fogging Ternyata Bikin Pengangguran Keluar Rumah

6.Makanan kalengan

Anda wajib untuk memeriksa kadar natrium dalam makanan kaleng. Makanan kalengan sering mengandung aditif kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) yang terkait dengan sejumlah gangguan suasana hati kronis, seperti depresi dan kecemasan.

7.Makanan yang dipanggang

 

Makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin mengandung jumlah gula sangat tinggi dan minyak jenuh yang dapat menyebabkan fluktuasi suasana hati dan depresi konstan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini