Share

Makan Pedas saat Cuaca Panas Justru Bikin Tubuh Adem, Kenapa?

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 07 Agustus 2018 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 298 1933061 makan-pedas-saat-cuaca-panas-justru-bikin-tubuh-adem-kenapa-9slmfs4wpf.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)
A A A

ADA beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi saat cuaca panas seperti saat ini. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu tubuh agar tetap dingin dan stabil. Makanan tersebut antara lain bayam, cabai, semangka, kunyit, dan sup.

Ahli gizi Daniel O’Shaughnessy telah bekerja sama dengan Just Eat untuk merancang menu makanan terbaik dan yang harus dihindari selama musim panas berlangsung. Perlu diketahui, musim panas tahun ini memang terbilang ekstrem jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di Inggris, suhu panas dilaporkan telah mencapai suhu tertinggi, bahkan memecahkan rekor suhu terpanas sepanjang sejarah negara tersebut. Hal tersebut secara tidak langsung akan memengaruhi menu diet, rutinitas, dan pola tidur para penduduk.

Daniel mengatakan, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda melawan suhu panas seperti semangka, kunyit, serta mengurangi asupan karbohidrat dan protein dalam menu sehari-hari.

Secara tradisional, menu hidangan musim dingin seperti sup juga sangat ampuh untuk menenangkan tubuh ketika suhu mulai turun di malam hari. Ia berkata, “Sup akan membuat Anda leibh banyak berkeringat, tetapi karena keringat menguap dan energi terserap ke udara, suhu didalam tubuh pun akan menurun.”

Daniel juga percaya makanan pedas berbahan dasar cabai adalah pilihan terbaik saat cuaca sedang panas-panasnya. Kandungan capsaicin yang ditemukan dalam makanan pedas akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa suhu tubuh Anda sudah terlalu panas.

cabai

Akibatnya, Anda akan lebih banyak berkeringat sehingga suhu tubuh pun akan menurun. Efek anti-peradangan yang terdapat pada kunyit juga bisa menjadi alternatif terbaik. Curcumin yang merupakan bahan aktif pada kunyit, sangat ampuh meningkatkan sirkulasi yang baik, serta membantu mempercepat aliran darah dan mendinginkan tubuh.

Graham Corfield dari Just Eat menjelaskan, “Mengingat ramalan cuaca belum menunjukkan tanda-tanda ‘pendinginan’, kami mencoba berbagai cara untuk melawan cuaca panas, termasuk mandi dengan air dingin setelah bearktivitas,”

“Yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah bebrapa hidangan favorit mereka sebetulnya sangat ampuh untuk membantu tubuh melawan suhu panas yang ekstrem,” timpalnya.

Daniel juga mengatakan bahwa makanan yang mengandung mint sangat bagus karena menawarkan sensasi pendinginan. Selain itu, bayam yang mengandung vitamin dan mineral juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkendali.

Ia menambahkan, santan yang sering ditemukan dalam olahan kari mengandung nutrisi penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, mencegah kelelahan, dan nyeri otot saat cuaca panas.

semangka

Semangka yang memiliki kandungan air sangat tinggi, serta mengandung citrulline dan asam amino, dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Dalam arti lain, akan lebih banyak darah yang beredar di sekitar tubuh sehingga membuat Anda merasa tenang.

Selain itu, ternyata ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Daniel menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, biji-bijian, dan makanan tinggi protein seperti daging.

“Mungkin akan lebih sulit untuk mencerna makanan berprotein tinggi dalam cuaca panas seperti saat ini. Daging juga dapat menciptakan panas (thermogenesis), dan bisa membuat suhu tubuh Anda menjadi lebih panas. Memilih hidangan nabati bisa menjadi pilihan tepat karena lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk mencernanya,” tukas Daniel. Demikian dilansir Okezone dari Metro, Selasa (7/8/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini