Share

4 Fakta Menarik Tentang Paskibraka, Anda Sudah Tahu?

Lifia Mawaddah Putri, Okezone · Jum'at 17 Agustus 2018 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 16 196 1937534 4-fakta-menarik-tentang-paskibraka-anda-sudah-tahu-BvO3WGOMCt.jpg Fakta menarik tentang Paskibraka (Foto:Okezone/Instagram)
A A A

MELIHAT pelaksanaan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus di Istana Negara, salah satu hal yang menarik perhatian masyarakat dari tahun ke tahun adalah mengenai Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Namun, dibalik paras para anggota yang menarik, serangkaian proses seleksi yang panjang, juga pelatihan yang menguras tenaga, ternyata terdapat beberapa fakta menarik yang tak banyak diketahui.

 Mungkin belum banyak diketahui berikut fakta-fakta menarik seputar Paskibraka yang dihimpung Okezone.

1. Hukuman untuk anggota  Paskibraka yang melakukan pelanggaran

Menjadi Paskibraka tentulah harus memiliki sikap yang disiplin. Jika  tidak mematuhi peraturan, tidak disiplin ataupun bahkan melakukan kesalahan yang tidak disengaja, Anda akan mendapat hukuman dari pelatih kamu lho! Contohnya seperti makan tidak habis dan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, topi atau atribut yang jatuh sampai kesalahan yang paling fatal yaitu bendera yang terbalik atau membentuk kupu kupu,  akan dijatuhi hukuman seperti lari keliling lapangan, jalan jongkok, sit-up, push-up dan lain lain.

2. Model rambut Paskibraka

Model rambut para anggota Paskibraka juga harus rapi. Untuk putra Paskibraka, rambutnya harus dipotong model cepak ala tentara sedangkan untuk putri Paskibraka yang tidak memakai jilbab dipotong model bob sebahu tanpa poni. Sementara yang berjilbab harus memakai jilbab hitam yang dimasukkan ke dalam baju.

 

3. Paskibra dan Paskibraka itu berbeda

Selama ini, tak banyak masyarakat yang tahu bahwa Paskibra dan Paskibraka itu berbeda. Paskibra adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas di sekolah, tingkat Kota, Provinsi, maupun Nasional. Sedangkan Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera di tingkat Kota, Provinsi dan juga Nasional.

4. Seleksi Paskibraka

Menjadi seorang Paskibraka tentu akan menjadi kebanggan tersendiri karena seseorang yang menjadi seorang Paskibraka bukanlah orang yang sembarangan. Calon Paskibraka harus melewati proses yang sangat panjang mulai dari seleksi yang ketat, dan juga masa pelatihan yang panjang serta berat.

Seleksi paskibra berawal dari sekolah. Pihak sekolah secara langsung menunjuk beberapa siswa siswinya untuk mewakili sekolah mengikuti seleksi Paskibraka. Kemudian setelah itu, para siswa dan siswi yang telah terpilih melewati seleksi tingkat kota. Di sana, para peserta akan melakukan pengecekan tinggi badan, berat badan, buta warna, dan lain sebagainya. Setelah lolos dari seleksi tingkat kota, barulah para peserta mengikuti seleksi yang lebih ketat tingkat Provinsi hingga Nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini