Share

Lomba 17-an dengan Kearifan Lokal Ini Bikin Kamu Kangen Kampung Halaman!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 406 1937962 lomba-17-an-dengan-kearifan-lokal-ini-bikin-kamu-kangen-kampung-halaman-T8b7Cg1qmk.jpg Lomba 17-an (Youtube)

SALAH satu hal yang akan dirindukan dari merayakan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus adalah ikut perlombaan. Hayo, Anda sukanya ikut lomba apa?

Karena Indonesia sangat luas dan kaya akan budaya, jangan heran kalau perlombaan setiap daerah saja berbeda-beda. Okezone coba merangkumnya khusus untuk Anda

1. Lomba Dayung Banjarmasin

 

Salah satu tradisi asal Banjarmasin ini masih tetap eksis hingga sekarang. Meski pun bisa dikatakan ini adalah tradisi daerah, ternyata masyarakat di sana memanfaatkan perlombaan dayung sebagai lomba 17-an.

 Baca juga: Lomba-Lomba 17-an yang Bikin Kesal dan Malu, Menanginnya Setengah Mati!

2. Pacuan Kuda di Aceh

 

Tidak hanya terkenal akan masyarakatnya yang sangat Islami, Aceh ternyata memiliki keistimewaan lain. Ya, di provinsi paling ujung Indonesia itu ternyata dikenal tradisi bernama Pacuan Kuda. Mirip dengan Madura, di sini juga kuda pacu dilatih dan dijadikan alat untuk bertanding. Nah, pacuan kuda ini juga dijadikan salah satu ajang perlombaan 17-an yang tentunya sangat meriah!

3. Sampan Layar di Batam

 

Jika Anda menyukai wilayah perairan,maka 17-an ini Anda bisa menjadikan Batam sebagai lokasi wisata yang menarik. Pasalnya, di wilayah itu saat 17-an ada perlombaan layar sampan yang melegenda. Ikut dalam perlombaannya juga pasti seru!

Baca juga: Cantiknya Para Srikandi di Kabinet Kerja, dari Susi Pudjiastuti hingga Sri Mulyani

4. Lomba Perahu Jong di Riau

 

Selain ada sampan layar di Batam, ternyata di kawasan Riau juga ada tradisi yang menarik juga untuk disimak. Adalah lomba perahu jong yang mana ini pun tradisi setempat yang masih dilestarikan sampai sekarang. Saat momen 17-an, perahu jong ini dijadikan alat perlombaan yang mampu menarik wisatawan juga, lho!

 Baca juga: 4 Fakta Menarik Tentang Paskibraka, Anda Sudah Tahu?

5. Festival Telok Abang di Palembang

 

Selain ramai oleh perlombaan, 17-an juga biasanya dimeriahkan dengan berbagai macam parade. Salah satu yang cukup meriah adalah Festival Telok Abang di Palembang. Saat 17-an berlangsung, banyak warga yang akhirnya tumpah ruah di event ini dan itu yang membuat Anda pastinya bakal rindu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini