Share

Selain B.J. Habibie, 5 Ilmuwan Indonesia ini Penemuannya Sudah Diakui Dunia!

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 196 1938128 selain-b-j-habibie-5-ilmuwan-indonesia-ini-penemuannya-sudah-diakui-dunia-NDN8WXVxSB.jpg Warsito P Taruno (Foto: Sindo Weekly)
A A A

JIKA bicara mengenai ilmuwan Indonesia, maka nama pertama yang akan keluar dari mulu kebanyakan orang adalah B.J. Habbie. Sosok ini merupakan salah satu ilmuwan yang bisa menciptakan pesawat terbang.

Tapi, tahukah Anda kalau masih ada nama tokoh lain yang penemuannya tak kalah mencengangkan.

Ya, anak bangsa pun banyak yang cerdas dan tidak hanya itu, penemuan yang mereka ciptakan bahkan sudah diakui dunia. Hal ini tentunya membanggakan bangsa dan sosok-sosok ini patut dijadikan teladan.

5 tokoh yang akan dikulik Okezone ini pun ternyata penemuannya menjadi hal yang sangat diperlukan oleh masyarakat digital sekarang. Bahkan, apa yang dibuat menjadi contoh untuk ilmuwan lainnya dalam menciptak karya.

So, siapa saja 5 tokoh ilmuwan keren tersebut?

1. Penemuan Teknologi 4G LTE

Salah satu hal penting yang dibanggakan banyak orang adalah sinyal 4G LTE di ponsel pintar. Tahu tidak kalau penemu teknologi ini ternyata anak bangsa. Dia adalah Dr. Khoirul Anwal. Khoirul melakukan penelitian ini di Jepang dan setelah penemuannya tercipta, Jepang pun menobatkan dia sebagai salah satu peneliti terbaik di dunia. Keren!

dr khoirul anwal(Foto: bio.or.id)

2. Penemuan sistem pondasi cakar ayam

Di dunia arsitektur, istilah cakar ayam sudah tidak asing lagi. Dengan sistem pondasi ini, memungkinkan bangunan bisa bertingkat. Penemuan ini berhasil diciptakan pada 1962 dan penemunya adalah ilmuwan asal Indonesia bernama Prof. Ir. R.M. Sedyatmo. Sedyatmo merupakan ilmuewan ITB lulusan 1934. Wah, karenanya kini Anda punya rumah dua tingkat atau bahkan lebih.

Prof Sedyatmo(Foto: Wikipedia)

3. Penemu Mesin pembunuh kanker

Masalah kesehatan yang kini mengkhawatirkan banyak orang adalah kanker. Masalah ini tidak hanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, tapi juga bisa karena keturunan dan banyak faktor penyebab lainnya. Meski belum bisa dikendalikan, solusi penyakit ini sebetulnya sudah ditemukan. Warsito P. Taruno adalah sosok di balik penciptaan alat tersebut. Penemuan ini pun sudah diuji coba di Lab in Vitri dan hasilnya dikatakan bahwa alat tersebut bisa memerangi sel kanker.

warsitoFoto: Sindo Weekly)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Penemuan rumus matematika untuk menemukan sumber minyak tercepat di dunia

Dalam dunia matematika, ada istilah yang dikenal dengan nama persamaan matematika helmotz. Rumusan ini digunakan untuk mencari titik minyak bumi. Nah, selama seabad silam, rumus tersebut tak bisa dipecahkan dan akhirnya Yogi Ahmad Erlangga berhasil memecahkan rumus persamaan tersebut dan ditulis dalam riset PhD-nya.

kang yogi(Foto: Google Plus)

5. Penemuan penghantar listrik berbahan gelas

Tidak hanya kaum adam. Ada satu ilmuwan Indonesia perempuan yang penemuannya sudah diakui dunia. Dia adalah Dr. rerum Naturalium Evvy Kartini. Perempuan ini berhasil menemukan alat penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan neutron yang berbeda sepuluh kali lipat dari bahan sebelumnya. Penemuannya itu berhasil dicetuskan ketika Evyy magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990. Evvy dibimbing ahli hamburan neutron Prof. Dr. Ferenc. Tahun 1996, melalui kolaborasinya dengan Ilmuwan Kanada.

ewy kartini(Foto: tagen.tohoku.ac.jp)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini