Share

Indonesia itu Unik! 5 Nama Penyakit yang Cuma Ada di Tanah Air

Dewi Kania, Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 196 1938289 indonesia-itu-unik-5-nama-penyakit-yang-cuma-ada-di-tanah-air-bjIif5cmCz.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)
A A A

DI dunia ini, ada ribuan jenis penyakit tersebar, dan beberapa mungkin pernah Anda alami. Tapi ada beberapa nama penyakit cuma ada di Indonesia yang terbilang unik.

Misalnya masuk angin, dalam kehidupan sehari-hari Anda pasti sering mendengarnya. Atau ada juga penyakit angin duduk yang mana bisa bikin seseorang meninggal dunia secara mendadak.

Ada juga beberapa penyakit lainnya yang cuma dikenal di Indonesia dan dinilai unik. Simak ulasannya lebih lanjut yang dirangkum Okezone sebagai berikut.

Baca Juga: Ternyata Ada 7 Rahasia Masturbasi Perempuan yang Pria Wajib Ketahui!

Masuk angin

Dalam sehari pasti tidak lepas mendengar kata masuk angin dari orang-orang terdekat. Penyakit Ini tergolong ringan, biasanya karena kedinginan karena pengaruh cuaca. Masuk angin sebenarnya penyakit yang ditandai dengan demam atau biasanya muncul jelang flu. Terkadang beberapa orang masuk angin disertai dengan sakit tenggorokan. Malahan solusinya bukan minum obat atau tidur, tapi lebih memilih kerokan di bagian punggung sampai merah.

Angin duduk

Angin duduk, ya penyakit ini juga dikenal oleh banyak orang awam. Padahal medisnya adalah seseorang menderita serangan jantung mendadak. Gejalanya adalah nyeri dada, napas sesak, sampai menjalar ke bagian perut. Terkadang, kalau terlambat ditangani, orang yang mengalaminya bisa meninggal dunia.

Paru-paru basah

Banyak orang bilang kalau sering tidur di lantai dingin tanpa alas bisa kena paru-paru basah. Padahal penyakit tersebut di dunia medis tidak dikenal lho. Gejalanya hampir mirip pneumonia atau penyakit infeksi saluran pernapasan lainnya. Anda bisa mengalami gangguan pernapasan yang mengarah pada kondisi serius.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Panuan

Sebutan panuan juga rasanya awam bagi orang Indonesia. Sebenarnya penyakit ini salah satu serangan infeksi jamur yang menyebabkan gangguan kulit. Terdapat bercak putih di beberapa bagian kulit yang mengganggu penampilan. Panuan terjadi karena Anda jarang merawat kebersihan kulit, membiasakan kulit lembap dan sebagainya.

Kesemutan

 

Tangan jadi mati rasa kalau Anda kena kesemutan. Nama penyakit ini nampaknya cuma dikenal di Indonesia. Kesemutan sering dialami saat tubuh istirahat dari aktivitas berat. Atau gejala ringan itu muncul saat salah satu bagian tangan atau kaki tertindih atau menekuk terlalu lama. Kalau kesemutan ringan bisa segera diatasi, tapi kalau fatal bisa saja Anda menderita gangguan saraf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini