Share

Menengok Selebrasi Perayaan Idul Adha Unik di 7 Negara, Tak Kalah Meriah dari Indonesia!

Dewi Kania, Okezone · Rabu 22 Agustus 2018 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 22 196 1939787 menengok-selebrasi-perayaan-idul-adha-unik-di-7-negara-tak-kalah-meriah-dari-indonesia-ldD4xf6KGC.jpg Salat Ied. (Foto: Independent)
A A A

UMAT Muslim di seluruh dunia hari ini bersukacita merayakan Hari Raya Idul Adha. Banyak selebrasi unik mereka lakukan, tidak cuma melakukan Salat Id dan pemotongan hewan kurban.

Jika di Indonesia, umat Muslim biasanya hanya sekedar mengumandangkan takbir, salat Id, kemudian dilanjutkan dengan memotong hewan sapi atau kambing. Berbeda dengan perayaan Lebaran Haji itu di negara Islam lain yang lebih meriah.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjalani ritual unik sebagai wujud syukur mereka. Dalam sehari sebelum melaksanakan salat Id, bahkan ada umat Muslim yang memanfaatkan atraksi hiburan menarik.

Kamu harus tahu berbagai jenis selebrasi yang dilakukan masyarakat dunia itu saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Okezone dari Independent, Rabu (22/8/2018).

Baca Juga: Jalani Ibadah Haji dengan Suami, Nia Ramadhani Makin Cantik Berbusana Syar i

London

Keluarga umat Muslim asyik menikmat perayaan Idul Fitri dengan duduk santai menikmati panorama hijau khas perkotaan. Lokasi New River Sports di Wood Green, London jadi salah satu yang dipilih untuk melakukan selebrasi Idul Adha. Jika kebetulan kamu tengah melancong ke sana, ikuti saja tradisi menyenangkan itu yang jelas tidak membosankan.


Palestina

Sebagai tanda perayaan Idul Adha, pria Muslim di Palestina melempar anak kecil ke udara, sebagai bentuk penghormatan untuk Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim. Biasanya momen itu mereka lakukan setelah salat subuh, yang menandai hari pertama perayaan Lebaran yang dinanti umatnya.

Baca Juga: Sedang Horny Berat Tapi Tak Punya Lawan? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Mesir

Umat Muslim di Kairo, Mesir juga punya bentuk selebrasi unik dalam peringatan Hari Raya Idul Adha. Satu kelompok masyarakat berkumpul di ruang terbuka, tepatnya di luar Masjid Al-Seddik. Ada tradisi melepas balon yang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak. Biasanya ritual itu dilakukan satu hari sebelum perayaan dimulai.

Riyadh, Arab Saudi

Jika di Makkah dan sekitarnya jadi puncak wukuf haji, di Riyadh, Arab Saudi justru melakukan ritual berbeda. Di sana seorang lelaki membagikan permen kepada anak-anak setelah pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid King Abdul Aziz. Semua umat Muslim berpakaian rapi, bersuka cita melaksanakan perintah Allah SWT dengan berkurban.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Yerusalem

Seorang badut malah memberikan balon kepada anak-anak saat merayakan Idul Adha. Para badut bagi-bagi balo di kompleks Masjid al-Aqsa, di sekitaran kota tua Yerusalem. Kegiatan tersebut mereka lakukan pada hari pertama Idul Adha. Anak-anak begitu gembira dan bahagia menyambut hari besar umat Islam, sekaligus menjalankan perintah Allah SWT.

Pristina, Kosovo

Pria Kosovo berdoa untuk menandai hari pertama Idul Adha di luar masjid Sultan Mehmet Fatih di Pristina, Kosovo. Kegiatan sangat khusyuk, terlebih orang-orang dapat memanjat doa agar cepat dikabulan. Kebiasaan ini cukup menariknya dia diikuti karena bermanfaat sekali.

Filipina

Hampir semua peempuan dan anak-anak melakukan salat subuh untuk menandai Idul Adha. Kegiatan tersebut dilakukan di sebuah taman umum di Quezon City, Filipina. Seorang anak bahkan memegang tongkat selfie sebelum menjalankan ibadah wajib salat. Semua orang yang berkumpul tampak akrab dan saling berbagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini