Share

Ibu Hamil Jangan Makan Daging Kurban Setengah Matang, Bisa Tertular Toksoplasma

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 10:19 WIB
$detail['images_title']
Ibu hamil makan daging (Foto: Momjunction)

MUMPUNG dalam suasana Idul Adha, pasti ibu hamil ingin mencicipi daging kurban. Tapi jangan sembarangan mengolahnya ya, sebab bisa bikin Anda keracunan kalau salah masak.

Jangan takut makan daging karena takut darah tinggi atau terkena penyakit lain yang mengganggu kehamilan. Khususnya kalau Anda memilih Jika daging dimasak benar dan matang sempurna, jelas aman dikonsumsi.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Budi Iman Santoso SpOG(K), MPH menyebutkan, memasak daging kambing atau sapi harus matang sempurna. Cara ini dilakukan demi mencegah toksoplasma dari binatang.

 BACA JUGA:

Menengok Selebrasi Perayaan Idul Adha Unik di 7 Negara, Tak Kalah Meriah dari Indonesia!

"Daging pada dasarnya sumber bakteri yang bisa menyebarkan toksoplasma. Ini yang berbahaya bagi ibu hamil," ujar Dr Budi saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

 

Dia membeberkan, bakteri toksoplasma senang berkembang biak di tubuh binatang. Tapi kalau dagingnya dimasak matang bakteri tersebut akan mati.

Jika ibu hamil tertular toksoplasma, lanjut Dr Budi, dapat berisiko memicu kelainan pada janin. Si kecil bisa mengalami cacat bawaan saat lahir nanti.

"Makan daging harus dimasak matang. Kalau dipanggang sama dengan tingkat kematangan well done, jangan setengah matang (medium rare) meski katanya lebih nikmat," terang Dr Budi.

Sementara itu, daging kaya protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Terlebih pada daging kambing, mengandung tambahan nutrisi zat besi untuk menambah hemoglobin. Banyaknya sel darah merah ini jelas bisa membuat ibu hamil tetap fit saat beraktivitas.

 

"Kalau ada yang bilang tidak boleh makan daging kambing karena khawatir keguguran atau menaikkan kolesterol itu mitos," bebernya.

Dia menyebut, untuk porsi makan daging ini harus dibatasi. Tak dapat dipungkiri, aneka macam jenis daging merah mengandung tinggi lemak jenuh. Dampaknya tidak baik untuk kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

 BACA JUGA:

Jangan Lupa, Ini Amalan-Amalan Sunah di Hari Raya Idul Adha

"Makan daging untuk ibu hamil pastinya harus ada batasan. Untuk menstabilkan, banyak-banyak minum air putih supaya tidak dehidrasi," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)