Share

Menengok Keindahan Air Terjun Madakaripura, Saksi Bisu Rahasia Kekuatan Gajah Mada

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 25 Agustus 2018 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 25 406 1941141 menengok-keindahan-air-terjun-madakaripura-saksi-bisu-rahasia-kekuatan-gajah-mada-3EXZleNDI7.jpg Air Terjun. (Foto: Reresepan)

KAWASAN wisata Gunung Bromo tak hanya dikenal punya Bukit Teletubbies yang indah, kawah gunung yang mempesona, hingga menjajal sensasi naik Jeep yang menantang. Ada air terjun cantik di baliknya, konon dulunya jadi tempat bertapanya Gajah Mada.

Air terjun itu setinggi 2 meter, sampai diklaim tertinggi di Jawa. Derasnya air yang mengalir ke kali konon disimbolkan jadi kekuatan Gajah Mada pada masa itu.

Dilansir Okezone dari situs resmi Pariwisata Indonesia, berdasarkan informasi yang ditulis dalam Buku Negarakertagama abad ke-14, kawasan Madakaripura merupakan secuil tanah milik Gajah Mada yang diberi oleh Hayam Wuruk. Di sinilah terdapat air terjun cantik, yang membuat patih betah mencari wangsit di sana.

Baca Juga: Viral Penampakan Kuntilanak di Warung Makan Kawasan Puncak, Merinding!

(Foto: Tempat WIsata Unik)

Apalagi saat itu, dirinya punya tugas menyatukan Nusantara dengan membuat Sumpah Palapa. Jadilah patih berdiam di sana untuk menenangkan diri. Bahkan mitosnya, lokasi ini jadi tempat pertapaan terakhir tokoh penting Kerajaan Majapahit itu dalam hidupnya.

Lokasi air terjun itu tidak mudah dijangkau memang. Wisatawan harus trekking jika ingin menikmati keindahan alamnya. Butuh sedikit perjuangan untuk merasakan suasana yang tenang. Begitupun dulu saat Gajah Mada masih meninggali kawasan tersebut yang sepi sekali, bahkan jauh dari peradaban.

Kini jika wisatawan ingin membuktikan keindahan, banyak paket wisata yang ditawarkan untuk menuju ke lokasi. Anda harus menempuh perjalanan dengan Mobil Jeep, sama seperti saat eksplorasi Gunung Bromo.

Baca Juga: 7 Pesona Paspampres Cantik Serda Ambar yang Ungkap Sisi Lain Kehidupannya

(Foto: Tempat WIsata Unik)

Banyak persiapan tentunya saat pergi menuju objek wisata eksotis itu. Wisatawan harus menyiapkan banyak amunisi makanan dan minuman, karena harus menempuh perjalanan jauh.

Lokasi dari air terjun tercantik di Pulau Jawa itu tepat berada di Desa Sapih, Branggah, Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Anda harus melewati bukit berkelok yang bikin pusing selama di perjalanan.

Setiba di sana pasti Anda betah berlama-lama, apalagi kalau cuacanya bersahabat.Namun, pulang dari sana jangan meninggalkan sampah-sampah yang mengotori kawasan air terjun ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini