Share

Mitos Sentuh Arca di Dalam Pagoda Candi Borobudur, Bisa Kabulkan Keinginan dan Banyak Rezeki!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 25 Agustus 2018 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 25 406 1941204 mitos-sentuh-arca-di-dalam-pagoda-candi-borobudur-bisa-kabulkan-keinginan-dan-banyak-rezeki-ZGOsMQTVIY.jpg Candi Borobudur (Blamethemonkey)

CANDI Borobodur hanyalah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia yang merupakan warisan dari masa lalu. Keeksotisan dan indahnya arsitektur candi yang berada di Jawa Tengah tersebut sudah tersohor bahkan ke luar negeri, maka tidaklah heran saat menyambangi Candi Borobudur kita bisa melihat beragam wisatawan mancanegara.

Yang namanya peninggalan masa lalu, tentu Anda sudah tidak asing lagi jika berkembang pula mitos-mitos yang terkait dengan objek wisata itu, apalagi Candi Borobudur yang menyimpan cerita mendalam lewat ukirannya. Tidak cukup sampai di situ saja, sebagian besar wisatawan domestik dan mancanegara mungkin tertarik mengunjungi Candi Borobudur karena keindahan arsitekturnya, tapi ada pula wisatawan yang merasa perlu melakukan sebuah kegiatan saat berada di sana, bahkan kalau bisa jangan sampai kelewatan.

 Baca juga: Jelajahi Alas Purwo Banyuwangi, Tempat Petapa Lintas Agama yang Eksotis

Candi Borobudur (Shutterstock)

Kegiatan itu bukanlah sekadar mencapai tingkat paling tinggi, melainkan memegang patung Buddha atau arca yang ada di dalam pagoda. Anda yang sebelumnya tidak percaya mitos tentu bertanya-tanya, apa tujuannya?

Berdasarkan sumber yang dihimpun Okezone, Sabtu, (25/8/2018), mitos tersebut berbunyi, jika seseorang berhasil memegang patung Buddha atau arca yang ada di dalam pagoda sambil berdoa atau memanjatkan segala keinginan, niscaya akan diwujudkan. Rezeki diperbanyak, jodoh dimudahkan, dan sukses dalam menjalani karier.

Baca juga: Viral Penampakan Kuntilanak di Warung Makan Kawasan Puncak, Merinding!

Siapa yang tidak mau? Tapi, tentunya tidak semua orang percaya begitu saja. Namun, ternyata untuk menyentuh arca tidak boleh sembarang, sebab ada aturan tersendiri sesuai dengan gender, misalnya untuk wisatawan pria sebaiknya memegang tumit arca, sedangkan wisatawan perempuan disarankan untuk menyentuh jari kaki atau lutut.

Candi borobudur

Sementara itu, untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah, para wisatawan hanya perlu menyentuh tangan kanan arca, seperti cerita yang dibagikan salah seorang traveler dengan blog bernama ranselahok.

 Baca juga: Jual Mahal Saat Masa PDKT? Hati-hati, Malah Bikin Pasangan Ilfeel

Memang hanya mitos dan Anda boleh percaya atau tidak. Tapi, untuk sekadar bersuka ria sambil bersenang-senang selama berlibur di Candi Borobudur, ritual penyentuhan arca khususnya tangan kanan arca ini bisa Anda coba bersama keluarga, syukur jika terwujud, pun kalau tidak namanya juga mitos, kembali lagi boleh percaya atau tidak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini