Share

Peneliti Ungkap Alasan Tak Masuk Akal Seseorang Bisa Kecanduan Ngemil Makanan Asin dan Manis

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 25 Agustus 2018 20:39 WIB
$detail['images_title']
Ngemil (Foto: Huffingtonpost)

NGEMIL salah satu kegiatan seru yang cocok dilakukan di waktu senggang. Tapi sayang, banyak orang memilih makanan asin dan manis yang bikin cepat kecanduan.

Padahal jika Anda mengonsumsi dua jenis makanan tersebut, bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Sekali makan pasti bisa keterusan sampai makanan habis.

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Sabtu (25/8/2018), dalam studi yang dilakukan oleh banyak peneliti, banyak alasan mengapa orang menyukai camilan asin dan manis. Faktor utamanya ternyata seseorang mengidam makanan asin karena tubuhnya mengalami defisit mineral.

 BACA JUGA:

Gejala Awal Kanker Payudara pada Pria

Jika tubuh kekurangan garam, dampaknya memang dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan garam, orang cenderung senang makan keripik atau kacang yang rasanya asin.

 

Di samping senang ngemil aneka camilan serba asin, beberapa orang cenderung suka makanan manis. Sama alasan yang diungkap, tubuhnya mengalami kekurangan asupan gula yang mana sinyal otaknya mengutus untuk melahap camilan tersebut.

Namun sayang, jika kelebihan pasti akan mengakibatkan resistensi insulin. Hal ini mengakibatkan tingkat insulin yang tinggi dalam darah, dapat menghalangi energi dari lemak dan protein. Kemudian tubuh akan terus bergantung pada glukosa. Jadilah Anda sulit menghentikan konsumsi camilan tersebut.

Adapun jenis makanan manis yang disukai banyak orang antara lain cake, cookies, roti tawar, aneka kue basah dan sebagainya. Belum lagi ada banyak minuman kemasan yang diandalkan banyak orang.

Jika tidak menghentikan kebiasaan ngemil camilan manis atau asin, banyak kondisi kesehatan yang bakal Anda alami. Seperti sindrom takikardia ortostatik postural (POTS), penyakit ginjal tertentu (nefropati yang membuang garam), hipotiroidisme, dan insufisiensi adrenal atau kortisol. Tentu sebagai langkah pencegahan, sebaiknya jangan terlalu sering ngemil camilan tidak sehat itu ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)