Share

Harga Kuda Peserta Asian Games Bisa Buat Beli Mobil, Begini Fasilitas Perawatannya!

Annisa Aprilia, Okezone · Minggu 02 September 2018 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 31 196 1944405 harga-kuda-peserta-asian-games-bisa-buat-beli-mobil-begini-fasilitas-perawatannya-tJfVshyVBg.jpg Kuda Asian Games (India Today)
A A A

ASIAN Games 2018 terbagi atas 40 cabang olahraga yang diikuti oleh 45 negara se-Asia. Dari total jumlah cabang olahraga tersebut adalah cabang olahraga equestrian atau berkuda yang jadi sorotan masyarakat.

Bukan hanya arena berkudanya saja yang baru diresmikan dan berstandar internasional. Akan tetapi, harga-harga kuda para peserta Asian Games ke 18 ini pun bisa dibilang terasa mencekik leher.

 Baca juga: Atlet Badminton Indonesia Lelang Kaus dan Raket untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Bagaimana tidak, berdasarkan kabar yang Okezone himpun dari berbagai sumber, harga satu ekor kuda bisa menyentuh angka ratusan miliar. Bervariasi memang harga kuda tiap negaranya. Tapi dari 20 negara yang jadi peserta cabang olahraga equestrian terungkap harga kuda atlet dari kontingen Qatar berkisar antara 6 juta euro hingga 16 juta euro, yang kalau dirupiahkan mencapai Rp103,09 miliar hingga Rp274,91 miliar.

 Ilustrasi Kuda

Harga kuda yang fantastis tersebut tentu membutuhkan penanganan yang khusus pula. Maka, pemerintah Indonesia menyiapkan Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) sebagai arena bertanding para atlet penunggang kuda ratusan milyar.

 Baca juga: Buat Es Kopi untuk Habiskan Waktu TGIF di Rumah

Sebelum tiba di Tanah Air, kuda-kuda ini dikirim menggunakan sebuah pesawat kargo yang mampu diisi hingga 40 ekor kuda. Di dalam pesawat pun disediakan perawat yang akan rutin memeriksa kondisi kuda selama perjalanan udara.

 Kuda Asian Games

Tidak cukup sampai di situ saja, peralatan pemeriksaan kuda yang digunakan pun dipastikan dan dijamin bisa membuat kuda nyaman hingga tiba di Indonesia, seperti traveling boots, pading, dan penenang dengan dosis terbatas jika selama dalam penerbangan kuda mengalami gugup. Setibanya di Indonesia, kuda-kuda seharga ratusan milyar ini langsung dibawa ke JIEPP dan diletakkan di kandang masing-masing yang biasa disebut istal tersertifikasi dari Dewan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) Paris, sehingga kuda bebas dari penyakit kuda (equine disease free zone).

 Baca juga: Habis Makan Sushi, Pria Berusia 71 Tahun Harus Rela Tangannya Diamputasi

Selain bebas penyakit, bagian atas setiap istal pun dilengkapi kipas angin berukuran cukup besar. Fungsi kipas angin agar suhu di dalam kandang kuda tetap terjaga dan kuda tetap nyaman.

Kerennya lagi, wadah makan kuda pun dapat diambil oleh kuda sendiri, lewat tuas yang bisa didorong kuda akan keluar sebuah mangkuk yang mengeluarkan air dan makanan. Pada sisi kebersihan kandang diupayakan rutin dibersihkan setiap hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini