Share

Ukuran Tak Jadi Masalah, 10 Hewan Ini Terbukti Paling Pintar

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 03 September 2018 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 03 196 1945000 ukuran-tak-jadi-masalah-10-hewan-ini-terbukti-paling-pintar-zAKs020Udu.JPG Ilustrasi Anjing. (Foto: Reuters)
A A A

KITA semua tahu bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling cerdas. Kita memiliki kemampuan untuk merasakan, berpikir, dan melakukan tindakan yang menurut kita, kita anggap benar.

Namun, ciptaan Tuhan lainnya hewan juga cerdas. Meskipun otak mereka tidak dapat dibandingkan dengan otak kita, faktanya mereka memang mampu melakukan banyak hal dengan cara yang sempurna.

Ada beberapa hewan yang lebih pintar daripada lainnya. Melansir Wonder List, Okezone akan mencatat ada 10 binatang yang lebih pintar ketimbang lainnya.

Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya

10. Semut

Jangan dilihat dari ukuran mereka, meskipun semut adalah anggota terkecil dari kerajaan hewan dan tidak memiliki otak yang besar, mereka sangat cerdas. Sistem komunikasi dan masyarakat yang kompleks sudah dimiliki semut. Mereka pun mulai bertani hampir 50 juta tahun sebelum manusia.

Mereka akan mengolah jamur di daun dan memakannya, dan trik ini dikenal sebagai pertanian jamur. Semut membuat koloni yang tepat, dan memiliki panjang ribuan mil yang berbeda untuk bertani, menyimpan, dan mengumpulkan makanan. Meskipun semut tidak dapat berbicara, mereka cukup cerdas untuk melakukan banyak hal lain.

9. Gajah

Ini adalah mamalia terbesar dan termasuk keluarga Elephantidae. Juga, ini adalah salah satu hewan paling keras yang ada. Mereka memiliki otak terbesar, meskipun tidak membuat mereka yang paling cerdas.

Seekor gajah memiliki kemampuan untuk meniru banyak jenis suara, dan mereka juga dapat menggunakan banyak alat di hutan untuk berburu makanan. Mereka bahkan memiliki ingatan yang sangat kuat, dan tidak melupakan hal-hal dengan mudah, tidak seperti kebanyakan dari kita.

8. Babi

Banyak penelitian membuktikan bahwa babi adalah salah satu hewan paling cerdas dan sosial di dunia ini. Ada sedikit kesamaan antara manusia dan babi, misalnya, mereka dapat memakan hampir semua makanan, dan mungkin inilah mengapa mereka banyak digunakan percobaan untuk pengobatan.

Banyak penelitian membuktikan bahwa babi sama cerdasnya seperti anak berusia 3 tahun. Mereka menggunakan 20 jenis suara untuk tujuan komunikasi, dan mereka tidak pernah melupakan rumah mereka. Bahkan bayi babi kecil pun bisa mengerti apa yang ibu mereka katakan, melalui suara berbeda yang mereka gunakan.

Baca Juga: Potret Kecantikan Sabina Altynbekova, Atlet Voli Putri Kazakhstan yang Memesona

7. Gurita

Gurita adalah hewan tak bertulang belakang dan menurut beberapa penelitian, mereka adalah pemburu hebat yang memanfaatkan pikiran mereka saat berburu. Mereka juga menggunakan banyak strategi untuk melindungi diri dari pemangsa.

Ketika mereka ditemukan oleh orang lain, mereka melepaskan warna hitam yang aneh dan juga mengubah bentuk tubuh mereka. Ada hampir 300 spesies Octopus yang diketahui hingga sekarang.

6. Anjing

Anjing adalah teman terbaik manusia dan mereka sangat pintar. Mereka dapat mempelajari berbagai trik dan mengulanginya sesuai perintah. Mereka dapat memahami perasaan manusia dengan mudah ketika mereka sedih, bahagia, dan marah, dan cenderung berperilaku sesuai. Anjing sangat cerdas, sehingga mereka bahkan berperilaku dengan cara tertentu dan dapat menenangkan majikan mereka ketika marah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang paling ramah, mereka bahkan dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin dan menunjukkan seberapa cerdas mereka. Lumba-lumba hidung botol, dikenal memiliki otak terbesar di seluruh kerajaan hewan. Mereka mampu membantu manusia memecahkan banyak misteri yang terhubung ke lautan.

Mereka bahkan dapat menunjukkan emosi yang berbeda seperti suka dan duka. Bahkan ketika lumba-lumba tidur, hanya satu bagian dari otak mereka yang tidur dan yang lainnya tetap aktif untuk bertahan melawan ancaman apa pun.

4. Gagak

Ukuran otak gagak hampir seukuran jempol manusia, cukup besar mengingat ukuran tubuhnya. Ini membantu mereka memecahkan masalah yang rumit dan juga mereka memiliki ingatan yang baik. Menurut para ilmuwan, gagak memiliki kemampuan untuk mengingat dan mengenali setiap wajah manusia.

Bagian otak gagak yang berbeda mulai menyala ketika mereka melihat seseorang dan mencari tahu apakah mereka mengancam atau ramah. Jadi, lain kali Anda berpikir untuk menyakiti seekor burung gagak, ingatlah bahwa mereka tidak akan lupa.

3. Tikus

Beberapa tahun lalu, para ilmuwan menemukan bahwa tikus sama seperti manusia, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan apa yang tidak mereka ketahui. Penelitian pun membuktikan bahwa tikus geli, sadar diri, dan bahkan bermimpi seperti kita manusia.

Tikus peliharaan sangat sosial dan berbagi ikatan kuat dengan manusia mereka. Mereka dapat mempelajari nama mereka dan datang ketika dipanggil. Mereka bahkan memohon untuk keluar dari kandang mereka ketika mereka ingin bermain dengan pemiliknya.

2. burung beo

Juga dikenal sebagai psittacines, beo berasal dari daerah subtropis dan tropis. Anda pasti telah melihat burung beo mengulang kata-kata dan berbicara, dan ini jelas menunjukkan seberapa cerdasnya mereka.

Mereka dapat belajar dengan mudah, hampir apa pun yang diajarkan guru mereka atau secara teratur dikatakan di depan mereka. Beo suka makan biji, tunas, buah, dan kacang, dan mereka dapat memecahkan berbagai masalah rumit.

1. Simpanse

Juga dikenal sebagai simpanse atau kera, hewan-hewan asli Afrika sub-Sahara ini sangat cerdas. Simpanse menyerupai manusia tidak hanya sejauh menyangkut penampilan mereka tetapi juga mereka dapat berpikir seperti kita manusia untuk tingkat yang baik.

Mereka berkomunikasi dalam kelompok mereka dengan cara yang luar biasa. Mereka juga dapat menggunakan alat yang mereka temukan di hutan, untuk mencari makanan atau menemukan komunitas mereka. Jika simpanse dilatih dengan benar, mereka bahkan dapat belajar bahasa manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini