Share

Dinda Kanya Dewi Sadar akan Pentingnya Dukungan untuk Para Diabetesi

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 03 September 2018 15:53 WIB
$detail['images_title']
Dinda Kanya Dewi (Foto: Instagram)

ANGKA penderita diabetes (diabetesi) di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data IDF Diabetes Atlas pada 2015, Indonesia menempati peringkat ke-7 di dunia untuk prevalensi penyandang diabetes tertinggi.

Pada 2017, peringkat Indonesia naik menjadi negara ke-6. Angka penyandangnya diperkirakan lebih dari 10 juta orang. Sebanyak 2 dari 3 orang yang terdiagnosis, tidak mengetahui dirinya menyandang diabetes. Bahkan, sebagian besar mengakses layanan kesehatan dalam kondisi terlambat atau sudah mengalami komplikasi.

Teman Diabetes mengadakan survei kepada 220 orang dengan kategori prediabetes, diabetesi, dan inner circle (anggota keluarga penyandang diabetes). Dalam survei ini ditemukan hanya 14,3% responden mengukur gula darah rutin setiap hari. Hal cukup mengejutkan, sebanyak 28,6% konsultasi ke dokter sekali dalam setahun.

 BACA JUGA:

Bunga Ini Langsung Mekar ketika Azan Dikumandangkan, Videonya Viral!

Untuk membantu mengontrol kondisi diabetes dan menjalankan hidup lebih sehat, 85,7% responden mengaku membutuhkan dukungan dari inner circle (keluarga, teman, rekan kerja).

“Sangat penting bagi diabetesi dan keluarga untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai gaya hidup sehat, karena diabetes bukan sekedar kelola gula darah, tapi juga kelola gaya hidup” kata Dr. dr. Aris, Sp.PD, KEMD, Ketua PEDI (Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia). Hal ini disadari betul oleh artis Dinda Kanya Dewi yang memiliki ibu penderita diabetes.

“Saya kehilangan ibu beberapa tahun lalu karena diabetes dan komplikasi jantung. Dulu saya membantu ibu menyuntikkan insulin dan bersamanya bertahan melawan diabetes,” katanya.

Dinda selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ibunya dahulu. Hal ini guna mengontrol kadar gula darah ibunya. Agar sang ibu tetap semangat, ia bahkan selalu mengonsumsi makanan yang sama dengan yang dikonsumsi ibunya.

“Saya juga kerap bersama melakukan cek gula darah,” kata Dinda.

(Ilustrasi cek gula darah)

Menyadari pentingnya dukungan bagi penyandang diabetes, GueSehat.com mengembangkan aplikasi Teman Diabetes.

“Melalui aplikasi Teman Diabetes, diabetesi dipermudah untuk mengontrol kondisinya. Pengguna dapat merekam gula darah lewat DNurse, mobile blood glucometer yang terkoneksi secara eksklusif dengan Teman Diabetes, merekam aktivitas sehari-hari, dan mengontrol makanan yang dikonsumsi. Semua informasi ini dapat diakses oleh keluarga dan tenaga medis yang dipilih,” kata Robyn Soetikno, cofounder Teman Diabetes.

 BACA JUGA:

Jangan Tertipu yang Instan, Ini Cara Turunkan Berat Badan ala Deddy Corbuzier

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun selsel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh. Karena itu, penting untuk mengetahui gejala awal diabetes, baik bagi yang berisiko tinggi maupun merasa sehat dan tidak memiliki riwayat diabetes.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)