Share

Tai Chi Dianggap Olahraga Paling Cocok untuk Milenials, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 September 2018 08:30 WIB
$detail['images_title']
Olahraga Tai Chi (Foto: CNN)

SEMAKIN cepatnya pergerakan aktivitas sekarang, semakin meningkatkan tekanan stres pada manusia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya kasus kesehatan mental di dunia.

Nah, masalah stres ini pun tidak bisa dianggap sepele. Jika kondisinya sudah sangat parah, maka risiko paling berbahayanya adalah kematian, dan ini biasanya disebabkan oleh bunuh diri.

Dengan begitu, masyarakat milenials diharapkan bisa mengatur tekanan dari luar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mencari kebahagiaan atau juga ketenangan.

Bicara mengenai ketenangan, Anda bisa mendapatkannya dari olahraga Tai Chi. Olahraga ini mungkin terlihat sangat sederhana dengan gerakan yang sangat lembut dan tidak begitu dinamis.

Tapi, pernahkah Anda menjajalnya langsung? Lalu, tahukah Anda bahwa olahraga ini dianggap benar-benar ampuh mengurangi tingkat stres.

Seperti dikutip Okezone dari CNN, di mana dijelaskan bahwa Tai Chi ini pertama kali ada di China. Masyarakat di sana biasa menyebut olahraga ini dengan nama "Meditasi Bergerak".

Ya, selagi tubuh Anda bergerak sesuai dengan instruksi guru, Anda sebetulnya sedang memusatkan pikiran dan bermeditasi. Hal ini menjadi dasar yang kuat untuk membuat tubuh Anda lebih tenang.

tai chi

Lebih jauh lagi, sekali pun Tai Chi terlihat sangat mendayu dan lembut, ternyata olahraga ini juga menguras energi yang cukup besar. Hal ini karena pernapasan Anda diperlukan untuk bisa mengatur setiap gerakan.

Nah, Tai Chi sendiri dipercaya membawa manfaat yang baik untuk ketenangan, mengusir stres, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan manfaat untuk fleksibilitas.

Beberapa dokter China meresepkan Tai Chi sebagai aktivitas tambahan mengimbangi akupuntur dan pengobatan herbal lainnya. Menurut salah seorang Dokter China Terry Dunn, dalam Tai Chi ada yang dikenal dengan istilah "qi" atau kekuatan hidup yang menurutnya setiap orang miliki.

"Dalam setiap gerakan tai chi mengandung prinsip yin dan yang. Gagasan bahwa ada kesatuan dalam ketidaksamaan: positif dan negatif, penuh dan kosong, gelap dan terang, keras dan lunak, sebab dan akibat," tulis Dunn.

Di lain sisi, Dunn menjelaskan bahwa setiap gerakan Tai Chi memiliki nama Cina klasik berbeda-beda, seperti "Wave Hands Like Clouds," "Golden Rooster Stands on One Leg," "High Pat the Horse," "White Crane Cools Its Wings", dan "Shoot Tiger with Bow."

Tai Chi

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka yang berlatih tai chi berusia 50 tahun ke atas, beberapa instruktur melaporkan minat baru di antara orang-orang muda yang mencari penangkal stres semakin tinggi.

Hal ini terbukti dari beberapa generasi milenials yang merasa terbantukan setelah mengikuti kelas Tai Chi.

"Saya tinggal di California Selatan, jadi mengemudi di jalan raya, itu bisa jadi menggoda untuk bergegas melewati lalu lintas dan pergi secepat yang Anda bisa. Kemacetan membuat diri saya mudah sekali stres," kata York, pemuda yang sekarang gemar melakukan olahraga Tai Chi.

Dia melanjutkan, setelah rutin melakukan olahraga ini, dia mulai bisa mengontrol diri. Olahraga ini juga dianggapnya menjadi alat untuk meningkatkan kesabaran dalam tubuh. "Saya juga jadi lebih fokus dan tehnik pernapasan saya menjadi lebih baik dan ini kunci dari pengaturan emosi diri," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)