Share

Habis Putus Mau Cepat Move On? Olahraga hingga Bermain dengan Peliharaan Jadi Solusinya!

Tiara Putri, Okezone · Selasa 11 September 2018 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 11 196 1948991 habis-putus-mau-cepat-move-on-olahraga-hingga-bermain-dengan-peliharaan-jadi-solusinya-G4KLcMWTMn.jpg Galau (Ansiedade)
A A A

HUBUNGAN yang kandas di tengah jalan bisa membuat orang-orang yang mengalaminya patah hati begitu mendalam. Seringkali mereka berusaha bangkit dan melupakan rasa sakit namun tak kunjung berhasil. Mengenai hal itu banyak ahli yang telah mengeluarkan pendapat.

Para ahli mengungkapkan kiat-kiat untuk bebas dari belenggu patah hati berdasarkan ilmu pengetahuan. Melansir Health, Selasa (11/9/2018), inilah 8 cara yang bisa dilakukan:

Hapus kontak media sosial

Berhenti mengikuti atau memblokir media sosial mantan kekasih sering dianggap sebagai tindakan kekanak-kanakan. Padahal cara itu benar adanya. Memutuskan media sosial dengan mantan di media sosial dapat membuat seseorang merasa lebih baik.

Baca juga: Aksi Tengil Bocah Mengendarai 'Motor', Asli Bikin Bikin Ngakak dan Ngeselin!

 Hapus Mantan (Plymouth Hypnosis)

Mengingat sisi negatif mantan

Saat merajut hubungan dengan mantan tentu banyak hal-hal indah yang tidak bisa dilupakan. Daripada terus mengingatnya dan membuat makin susah move-on, lebih baik pikirkan hal-hal negatif menyangkut mantan. Salah satu penelitian kecil dalam Journal of Experimental Psychology menemukan memikirkan sisi negatif mantan pasangan jauh lebih efektif dalam menyingkirkan perasaan cinta yang tersisa.

Menjadi relawan

Banyak gelaran event yang membutuhkan tenaga relawan. Bila Anda masih memiliki banyak waktu luang, ikutilah salah satu kegiatan tersebut. Menjadi relawan membantu seseorang mengurangi perasaan depresi, mendapatkan kepuasan hidup yang lebih banyak, dan peningkatan kesejahteraan.

 Baca juga: Lebih Dekat dengan Raden Rauf, Hot Daddy Idola Netizen Masa Kini!

Bermain dengan hewan peliharaan

Cara yang satu ini memang sering dianggap ampuh untuk mengalihkan perhatian. Merawat dan bermain dengan hewan peliharaan telah terbukti mengurangi perasaan kesepian. Selain itu, memiliki makhluk lain untuk diurus akan memaksa seseorang berhenti memikirkan status hubungannya.

 Hewan Peliharaan

Olahraga

Kegiatan yang satu ini telah diyakini dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Berolahraga di saat tertekan atau cemas seperti putus cinta menjadi pilihan tepat. Sebuah penelitian dari Journal of Evidence-Based Medicine menemukan orang yang melakukan yoga merasa lebih mampu mengatasi kesulitan.

Jangan berhubungan dengan mantan

Beberapa orang mungkin ada yang ingin putus baik-baik dengan mantan dan tetap menjaga komunikasi. Cara ini sebenarnya salah karena malah dapat memperparah kondisi. Untuk itu, putus semua komunikasi saat hubungan berakhir. Bila perasaan sudah benar-benar hilang barulah pilihan untuk berkomunikasi kembali bisa dipertimbangkan.

 Baca juga: Maknyus, Makan Siang Spesial dengan Rendang Ayam Suwir

Berlibur

Melepas penat dengan berlibur merupakan pilihan yang tepat. Begitu juga halnya dengan putus dengan mantan. Liburan bisa menjadi cara untuk mengalihkan perhatian. Coba alternatif berlibur sendiri untuk merasa lebih bebas dan mendapat kesempatan berkembang lebih baik sebagai individu.

 

Rasakan sakitnya

Biarpun mencoba seribu cara untuk melupakan kesedihan, hal itu tidak akan berhasil bila seseorang tidak menerima rasa sakit karena hubungan berakhir. Cobalah untuk menikmati dan menerima rasa sakit. Penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association menyatakan semakin banyak waktu dan ruang yang didapatkan setelah putus cinta untuk merenung, maka seseorang semakin sembuh secara emosional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini