Share

Lebih Hemat Mana, Masak Sendiri atau Beli di Luar?

Lifia Mawaddah Putri, Okezone · Sabtu 15 September 2018 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 14 298 1950601 lebih-hemat-mana-masak-sendiri-atau-beli-di-luar-PiSHfohScV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

ZAMAN sekarang, mungkin banyak dari para ibu rumah tangga yang sudah tidak lagi memasak. Dengan adanya segala kemudahan di era yang sudah maju, banyak yang memilih untuk membeli makanan di luar dibandingkan memasak sendiri di rumah.

Memasak di rumah memang membutuhkan waktu juga tenaga yang ekstra. Karena harus pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan masakan dan meracik masakan hingga menjadi sebuah hidangan. Hal itu lah yang mungkin menjadi alasan kuat untuk lebih memilih membeli makanan yang sudah jadi agar lebih simple.

Dengan segala waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, banyak yang menganggap memesan makanan lebih murah ketimbang harus membuatnya. Tapi benarkah, memasak sendiri di rumah lebih mahal ketimbang membeli di luar?

Baca Juga: Jadi "Sugar Baby", Mahasiswi Ini Diberi Uang Jajan Hampir Rp15 Juta untuk Sepekan

“Lebih hemat kalau masak di rumah ya. Karena kan kalau masak di rumah, bisa masak sekalian banyak misalkan masak sampai sore. Dan memang harga di pasar kan enggak seberapa ya,” ujar Ida, seorang ibu rumah tangga yang memiliki 2 anak.

Dia pun mencontohkan, jika membeli 1 potong ayam di warung padang, harganya mencapai Rp12.000. Padahal, harga tersebut hanya untuk sekali makan saja. "Kalau beli seekor ayam di pasar kan bisa di potong jadi 10, harganya Rp35.000 dan itu bahkan bisa di jadi persediaan lauk besok,” Paparnya.

Meskipun memasak di rumah memang lebih menguras waktu dan tenaga, namun tetap lebih menghemat pengeluaran keluarga. Selain itu, memasak di rumah juga lebih menjamin kesehatan, karena kita sendiri yang menjamin kebersihan dari masakan tersebut. “Selain itu mungkin lebih sehat untuk badan karena jalan kaki ke pasar untuk beli bahan,” tambah dia.

Baca Juga: 5 Wanita yang Miliki Perut Sixpack, Bikin Pria-Pria Sakit Kepala

Akan tetapi, meskipun memasak di rumah lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan membeli makanan yang sudah jadi di luar, tapi tidak bisa dipungkiri memesan atau membeli makanan di luar masih tetap menjadi pilihan.

“Kadang memang enggak sempat pergi ke pasar terus masak di rumah. Karena memang lama prosesnya. Apalagi kan beberapa bahan masakan perlu disiangin dulu jadi kalau lagi enggak sempat, beli lauk di luar saja,” tukas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini