Share

Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

Firda Janati, Okezone · Minggu 30 September 2018 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 30 194 1957577 di-negara-ini-kamu-bisa-tahu-perempuan-yang-masih-perawan-hanya-dengan-lihat-gaya-rambutnya-5aGkv7Dxxk.jpg Miss V (Shopify)
A A A

SEIRING berjalannya waktu, berbagai macam model rambut terus berubah-ubah. Sehingga rambut menjadi elemen penting sebagai gaya penampilan seseorang. Meskipun terus berubah seriring perkembagan zaman, ada beberapa model rambut tradisional yang tidak kalah dengan gaya rambut masa kini.

Mengutip dari berbagai sumber, Minggu (30/9/2018), nama gaya rambut tradisional yang eye-catching ini disebut Amasunzu. Gaya rambut yang unik ini berasal dari negara bagian Rwanda, Afrika Tengah. Masyarakat di Afrika Tengah menganggap Amasunzu sebagai status bagi penggunanya. Ada perbedaan jika Amasunzu digunakan oleh pria dan wanita.

 Baca juga: Ini Alasan Kebanyakan Tukang Pangkas Rambut Berasal dari Garut

Bagi wanita yang menggunakan gaya rambut Amasunzu ini untuk melambangkan simbol atau status keperawanan, keanggunan, kerapihan dan kedewasaan. Para wanita yang menggunakan gaya rambut ini dapat membantu orang lain untuk lebih mudah mengidentifikasi status, mengartikan bahwa mereka yang menggunakannnya belum menikah.

 Amasunzu (Twitter)

Amasunzu hanya digunakan bagi wanita yang masih perawan. Setelah menikah, wanita diperbolehkan untuk menggunakan gaya rambut apapun dengan bebas. Potongan gaya rambut bebas ini disebut Uruhanika. Hal ini menunjukan rasa hormat untuk suami dan anak-anak mereka.

 Baca juga: Masuk Rekor Dunia, Desa Ini Mewajibkan para Wanita Berambut Panjang hingga Bermeter-meter!

Gaya rambut Amasunzu ini masih dipakai oleh pria dan wanita untuk melambangkan status mereka di masyarakat. Sebenarnya bukan hanya untuk melambangkan status, bagi kaum muda yang menggunakan gaya rambut sebagai realisasi diri dan kebanggaan pada budaya Rwanda.

Jika untuk wanita melambangkan keperawanan. Bagi pria, menggunakan gaya rambut Amansunzu melambangkan kekuatan, keberanian, pemimpin yang kuat, kaya, dan makmur. Selain itu, gaya rambut ini biasanya digunakan oleh masyarakat yang dihormati, seperti pemimpin suku atau masyarakat yang memiliki status sosial yang lebih tinggi.

 Baca juga:Mitos Rambut Masih Dipercaya hingga Kini, Salah Satunya Gunting Ujung Rambut

Dikalangan para prajurit, amasunzu akan menunjukkan kekuatan, keberanian, dan kebangsawanan. Ada lebih dari 30 gaya rambut Amasunzu. Untuk mendapatkan gaya rambut ini butuh keterampilan khusus karena pemotongannya yang harus akurat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini