Share

Intip Potongan Rambut Nabi Muhammad SAW di Museum Turki

Firda Janati, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 30 406 1957574 intip-potongan-rambut-nabi-muhammad-saw-di-museum-turki-TjtP3yW3c7.jpg Ilustrasi Islam (Shutterstock)

ADA berbagai macam peninggalan sejarah zaman dahulu yang sekarang berada di tempat yang dilindungi, seperti peninggalan rambut Nabi Muhammad SAW yang tersimpan di museum Topkapi Palace, Istanbul, Turki.

Selain rambut Nabi Muhammad SAW, ada juga helainan rambut janggut milik Rasulullah SAW yang tersimpan di ruang penyimpanan amanat suci di museum Topkapi, Istanbul, Turki.

 Baca juga: Masuk Rekor Dunia, Desa Ini Mewajibkan para Wanita Berambut Panjang hingga Bermeter-meter!

Meskipun telah meninggal ribuan tahun lalu, sosok beliau tidak pernah sekalipun dilupakan. Jutaan umat muslim di dunia merindukannya. Tidak ada obat yang dapat menghilangkan rasa rindu seluruh umatnya di dunia saat ini. Karena itu, rambut peninggalan beliau bisa jadi obat rindu itu. 

Melansir dari berbagai sumber, Topkapi Palace awalnya bernama Yeni Saray yang berarti Istana Baru. Topkapi Palace merupakan rumah (istana) kesultanan Ottoman yang pertama kali dibangun sejak penaklukkan Konstantinopel pada tahun 1453.

 Baca juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

Rambut Nabi Muhammad SAW

Koleksi paling berharga di Topkapi Palace adalah peninggalan Nabi Muhammad SAW. Selain rambut, juga helaian janggut yang sudah disebutkan.

Menurut kesaksian para sahabat, Rasulullah SAW memiliki rambut ikal berwarna sedikit kemerahan. Kulit putih kemerah-merahan, wajah cenderung bulat dengan mata hitam dan bulu mata panjang. Tidak berkumis dan berjanggut sepanjang sekepalan telapak tangannya,

Baca juga: Ini Alasan Kebanyakan Tukang Pangkas Rambut Berasal dari Garut

Selain rambut Nabi Muhammad SAW, di museum ini juga terdapat gigi, stempel, jubah, tapak kaki, panji Nabi Muhammad SAW, turban Nabi Yusuf a.s, pedang Nabi Daud AS dan tongkat Nabi Musa AS. (RZY)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini