Share

Menkes Nila Kirim para Tenaga Medis dari Berbagai Daerah ke Palu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 16:18 WIB
$detail['images_title']
Menkes Nila (Okezone)

MENTERI Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek turut berduka atas kejadian gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Untuk mengurangi risiko kesehatan, Kemenkes terus perkuat bidang kesehatan dengan memaksimalkan pelayanan kesehatan, mengirimkan dokter, tenaga kesehatan, dan menjamin ketersediaan obat.

“Kami menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di wilayah Palu, Donggala dan sekitarnya yang mengakibatkan korban jiwa luka-luka dan meninggal dunia. Bagi masyarakat yang ditinggalkan sanak saudara dan kerabat terdekat semoga diberikan keihkhlasan dan ketabahan menghadapi musibah ini. Bagi korban yang mengalami luka-luka semoga segera diberikan kesembuhan,” ucap Menkes, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone.

 Baca juga: Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

Dalam situasi tanggap darurat seperti ini, tambah Nila, prinsipnya Kemenkes menangani dengan cepat dengan mendahulukan kapasitas kesehatan daerah dan wilayah terdekat sekitarnya yang bisa membantu.

 Gempa Palu (BNPB)

Sejak kejadian bencana itu, dokter dan tenaga kesehatan lainnya sudah bersiaga di sana. Sementara itu, Kemenkes terus mengirim tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya untuk membantu korban di lokasi kejadian bencana.

“Kemenkes akan memperkuat sesuai kebutuhan,” ucap Nila.

Sementara ini, Kemenkes telah mengirimkan tim rapid health assessment (RHA) ke lokasi untuk melakukan kajian cepat situasi dan kebutuhan layanan kesehatan. Untuk mendukung layanan kesehatan, Kemenkes telah mengirimkan gelombang pertama tim kesehatan gabungan dari RSUP Kandou Manado dan RSUP Wahidin Makasar yang terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, dan perawat.

 Baca juga: Masuk Rekor Dunia, Desa Ini Mewajibkan para Wanita Berambut Panjang hingga Bermeter-meter!

Setelah itu, akan dilanjutkan tim berikutnya dari RSUP dr Kariadi Semarang, RSUP dr Sarjito Yogyakarta, RSUP Hasan Sadikin Bandung, dan RSUP dr M. Hoesin Palembang. Ditambah Sebanyak 30 orang tim Nusantara Sehat juga telah siap untuk dikerahkan ke wilayah terdampak.

Tim kesehatan juga mendapat dukungan dari TNI di Jakarta dan Malang yang akan mendirikan rumah sakit lapangan di lokasi kejadian. RS kapal TNI AL juga akan diberangkatkan dari Jakarta kemarin Sabtu, 29 September 2018.

 Menkes Nila

Terkait obat-obatan, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan kabupaten/kota terdekat di Sulawesi Selatan yang tidak terkena dampak bencana gempa seperti Kabupaten Luwu Timur, Luwu, Luwu Utara dan Palopo. Mereka siap menyediakan obat yang dibutuhkan dan akan langsung diantarkan ke Palu.

Saat ini ketersediaan obat di lokasi bencana masih mencukupi. Instalasi farmasi pusat juga siaga menyiapkan obat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kemenkes akan terus memantau perkembangan penanganan bencana alam ini dan selalu berkoordinasi dengan Pemda dan kementerian/lembaga terkait (BNPB, Kemensos, TNI, Polri, dll.) dalam penanganan dampak gempa bumi/tsunami serta siap memberikan bantuan setiap saat apabila daerah membutuhkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)