Share

4 Langkah untuk Hidup Panjang dan Sehat dengan Diabetes

Alma Dwi, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 09:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa diabetes akan menjadi penyebab kematian ketujuh di tahun 2030. Apa itu diabetes?

Diabetes adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia sering terjadi dan menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh terutama pembuluh darah dan saraf.

Orang dewasa yang menderita diabetes memiliki dua kali peningkatan risiko serangan jantung, stroke dan gagal ginjal yang dikombinasikan dengan aliran darah yang lebih rendah, kerusakan saraf di kaki yang meningkatkan kemungkinan tukak kaki, dan infeksi. Diabetes juga sebagai Retinopati diabetik, yaitu penyebab kebutaan yang penting.

Namun, orang yang mengidap diabetes masih bisa hidup panjang dan sehat. Seperti dilansir Boldsky, berikut adalah 4 langkah untuk hidup panjang dan sehat dengan diabetes.

1. Pelajari tentang diabetes

Pertama-tama Anda harus memahami apa itu diabetes dan tiga jenisnya yaitu, diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Anda harus memahami tubuh Anda dengan baik dan cara kerjanya. Ini akan membantu Anda untuk mengelola diabetes Anda dari hari ke hari. Bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda dapat merawat diri sendiri dengan sebaik-baiknya.

Cara belajar lebih banyak tentang diabetes:

- Ambil kelas untuk mempelajari lebih lanjut tentang hidup dengan diabetes dengan berkonsultasi dengan tim kesehatan Anda.

- Bergabunglah dengan kelompok dukungan untuk mendapatkan dukungan sebaya untuk mengelola diabetes Anda.

- Anda juga dapat memeriksa sumber terkait diabetes yang relevan seperti American Diabetes Association, International Diabetes Federation, Diabetic Association of India, dan seterusnya untuk mempelajari tentang diabetes.

Apa yang harus anda lakukan?

Belajar tentang diabetes dan merawat diri sendiri akan membuat Anda merasa baik hari ini dan di masa depan. Ini akan membantu tubuh Anda akan mendapatkan lebih banyak energi, Anda menjadi tidak mudah lelah dan haus, buang air kecil berkurang, luka menjadi sembuh lebih cepat, memiliki lebih sedikit infeksi kulit dan kandung kemih, menurunkan risiko serangan jantung atau stroke, mengurangi masalah mata, mati rasa di tangan dan masalah kaki, gigi dan gusi, dan masalah ginjal.

Diabetes Tipe 1

2. Ketahui tentang diabetes Anda

Bicaralah dengan profesional perawatan kesehatan Anda tentang cara mengelola diabetes Anda ABC (A1C, tekanan darah dan Kolesterol). Ini akan menurunkan kemungkinan terkena stroke, serangan jantung atau masalah diabetes lainnya.

A singkatan tes A1C, tes darah yang mengukur tingkat gula darah rata-rata Anda selama tiga bulan terakhir yang berbeda dari pemeriksaan gula darah biasa. Sangat penting untuk mengawasi kadar gula darah Anda agar tidak meningkat. Peningkatan kadar gula darah dapat membahayakan pembuluh darah Anda, jantung, kaki, ginjal dan mata.

B berarti tekanan darah yang mengacu pada tekanan sirkulasi darah di dinding pembuluh darah. Penting bagi seorang penderita diabetes untuk memeriksa tekanan darahnya karena peningkatan tekanan darah menyebabkan serangan jantung dan stroke.

C singkatan dari kolesterol yang terdiri dari dua jenis LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL (jahat) kolesterol menyumbat pembuluh darah Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. HDL (baik) membantu kolesterol untuk menghilangkan kolesterol jahat dari pembuluh darah.

Apa yang harus anda lakukan?

Tanyakan kepada profesional perawatan kesehatan Anda apa A1C Anda, tekanan darah dan jumlah kolesterol dan apa yang seharusnya menjadi angka rata-rata. Tujuan ABC akan tergantung pada jenis masalah kesehatan apa yang Anda miliki, berapa lama Anda menderita diabetes dan seberapa sulit diabetes untuk dikelola.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Pelajari cara tetap sehat dengan diabetes

Orang yang hidup dengan diabetes harus tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk tetap sehat, tetapi entah bagaimana merasa sulit untuk tetap berpegang pada rencana kesehatan mereka.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi diabetes:

- Jika Anda dtres meningkatkan kadar gula darah, cobalah latihan pernapasan dalam, berjalan dan meditasi untuk menurunkan tingkat stres Anda.

- Jika merasa depresi ketika Anda menderita diabetes, meminta bantuan segera dari konselor kesehatan mental, teman dekat atau anggota keluarga yang akan mendengarkan kekhawatiran Anda yang akan membantu Anda merasa lebih baik.

- Minum obat yang diresepkan untuk diabetes. Periksa kaki Anda setiap hari jika melepuh, bintik-bintik merah, bengkak dan luka.

- Jika luka Anda tidak sembuh, konsultasikan dengan dokter Anda.

- Jagalah agar mulut, gigi, dan gusi Anda sehat dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dua kali sehari. Berhentilah merokok dan periksa kadar gula darah Anda.

Cara makan yang baik:

- Buat rencana makan diabetes dengan bantuan dari dokter Anda.

- Konsumsi makanan yang kaya serat seperti roti, kerupuk, sereal gandum, beras, dll.

- Pilih makanan yang rendah kalori, lemak trans, lemak jenuh, garam dan gula.

- Minum banyak air, bukan jus.

- Makan buah dan sayuran segar, susu rendah lemak atau skim dan keju.

- Perhatikan ukuran porsi Anda dengan mengisi setengah dari piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran, seperempat dengan biji-bijian seperti beras merah dan seperempat dengan protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau kacang.

makan salad

Bagaimana caranya agar Anda tetap aktif?

Tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri dengan berpartisipasi dalam kegiatan yang akan membantu Anda tetap aktif. Mulailah dengan berjalan selama 10 menit tiga kali sehari. Tingkatkan kekuatan otot Anda dengan melakukan yoga, dan berkebun berat dua kali seminggu. Pertahankan berat badan yang tepat dengan bantuan rencana makan Anda.

Apa yang harus anda lakukan?

Tanyakan kepada dokter Anda tentang lebih banyak cara untuk aktif dan kapan harus menguji kadar gula darah Anda. Diskusikan bagaimana rencana makan diabetes Anda bekerja untuk Anda setiap kali Anda mengunjungi dokter Anda.

4. Perawatan rutin diperlukan untuk tetap sehat

Setiap kali ketika Anda mengunjungi dokter Anda, pastikan untuk memeriksa tekanan darah Anda, periksa kaki, periksa berat badan, dan tinjau rencana perawatan diri Anda. Juga pastikan bahwa Anda memiliki tes kolesterol, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, suntikan flu dan urin dan tes darah untuk memeriksa masalah ginjal.

Apa yang harus anda lakukan?

Tanyakan kepada dokter Anda apakah ada tes lain yang diperlukan dan apa hasilnya berarti apakah mereka positif atau negatif.

1
2