Share

Bikin Hati Bergetar, Ini Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Bagas Taruna , Okezone · Selasa 20 November 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 20 196 1980274 bikin-hati-bergetar-ini-benda-benda-peninggalan-nabi-muhammad-saw-zPAhjEP4gP.jpg Jejak Kaki peninggalan Nabi Muhammad SAW (Foto: Topkapisarayi)
A A A

KITA sebagai umat Islam, pasti sering mendengar dari kisah atau cerita tentang perjuangan dari Rasullulah dan sahabatnya semasa hidup. Unik dan nyatanya, benda-benda pusaka peninggalan Rasulullah masih tersimpan rapi di sebuah museum di Istanbul.

Dilansir dari Topkapisarayi, Selasa (20/11/2018), Beberapa peninggalan Nabi Muhammad itu berupa jubah hingga pedang Nabi Muhammad SAW untuk berperang. 

Benda pusaka tersebut bisa dijumpai di Museum Kopkapi, dan tersimpan apik di ruangan khusus bernama Pavilion of Holy Mantle dan Holy Relics. Berikut benda pusaka peninggalan Nabi yang pasti bikin hati bergetar jika melihatnya.

BACA JUGA:

Tradisi Peringatan Maulid Nabi di Berbagai Daerah, Mana Paling Unik?

Jubah

Barang utama di dalam ruangan ini adalah jubah atau mantel peninggalan Nabi Muhammad SAW. Awalnya jubah ini belum ada di ruangan tersebut. Sempat dijaga oleh kaum Abbasiyah di Mesir, lalu karena adanya serangan oleh Usmaniyah pada 1517, jubah milik beliau ini dipindahkan ke Istanbul.

Pedang


Benda ini adalah senjata yang sering digunakan oleh Nabi Muhammad SAW ketika melawan para musuhnya di beberapa tempat. Yang paling populer yaitu pedang Al Ma’thur, pedang yang dimiliki beliau sebelum menerima wahyu pertama di Mekah. Pedang ini merupakan pedang peninggalan dari ayah beliau. Dengan panjang sekitar 100 cm, pegangannya terbuat dari emas dan berbentuk dua kepala ular. Keberadaan pedang ini ada di Museum Topkapi, Istanbul.

Helai janggut  dan patahan gigi


Helai rambut Nabi Muhammad SAW dapat ditemui di dalam Museum Topkapi juga. Helaian ini merupakan helai janggut milik Nabi Muhammad SAW yang sudah tersimpan rapi. Kemudian patahan gigi tersebut merupakan gigi Nabi Muhammad SAW.

Patahan gigi ini merupakan patahan yang didapat ketika Perang Ubud pada 19 Maret 625. Patahan ini dapat dijumpai di museum yang sudah disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA:

4 Khasiat Menakjubkan di Balik Manisnya Madu bagi Kesehatan

Masih banyak benda pusaka yang dimiliki oleh sahabat Nabi


Semasa hidupnya, mulai dari pedang milik kawanan beliau, penampang atau baki, tongkat, baju dan mantel, sajadah, jejak kaki, serta peti harta karun milik anak perempuan dari Nabi Muhammad SAW, Fatimah. Semua benda tersebut bisa Anda temui di Museum Topkapi, Istanbul.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini