Share

7 Penyakit yang Dapat Merenggut Nyawa dalam 24 Jam

Yosua Tobing, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 19:02 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK penyakit dapat memengaruhi hidup manusia. Jika membahas tentang penyakit yang mematikan, biasanya fokus kita akan menjurus kepada penyakit kanker, jantung, atau HIV/AIDS.

Beberapa dari banyak penyakit di dunia dapat membunuh kita hanya dalam waktu 24 jam. Menurut World Health Organization (WHO), ada delapan penyebab utama kematian global pada tahun 2008. Namun, ada penyakit dengan perkembangan yang sangat cepat dari munculnya gejala sampai menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dalam 24 jam, berikut Okezone rangkum dari Health24, Selasa (18/12/2018).

1. Meningitis

Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan merupakan infeksi membran pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Ini paling sering terjadi pada bayi, anak kecil, remaja, dan baik dewasa maupun remaja. Dapat menyebabkan keracunan darah yang mengancam jiwa dan menurut First Aid for Life dapat membunuh dalam waktu empat jam.

 (Baca Juga:Menyimpan Smartphone di Kantung Celana Bisa Rusak Kualitas Sperma)

2. Bakteri pemakan daging

Bakteri pemakan daging atau yang dikenal juga sebagai necrotising fasciitis, infeksi kulit bakteri ini dengan cepat menyebar melalui jaringan lunak tubuh. Penyakit ini memiliki kasus dengan persen yang tinggi dalam 30 hingga 40 persen. Amputasi bagian tubuh yang terkena sering dilakukan untuk menghentikan penyebaran infeksi.

 

3. Stroke

Penyakit ini biasanya terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu yang mengakibatkan kekurangan oksigen ke jaringan otak. Biasanya terjadi karena pembuluh darah yang pecah atau tersumbat. Pemulihan bisa terjadi tergantung dari tingkat keparahan stroke, stroke besar dapat membunuh Anda dalam waktu 24 jam.

 (Baca Juga:Ustaz Arifin Ilham Sembuh Kanker Stadium 4, Yuk Kenali Kelenjar Getah Bening)

4. Kolera

Kolera adalah penyakit diare akut yang dapat merenggut nyawa Anda dalam 24 jam jika tidak ditangani segera mungkin. Ini biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Kolera tetap menjadi ancaman global bagi kesehatan masyarakat dan menyebabkan perkiraan 21 ribu hingga 143 ribu kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

5. Wabah pneumonia

Semua bentuk wabah disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis dan ditularkan dari tikus ke manusia oleh kutu. Wabah ini dapat membunuh dengan cepat dalam 18 hingga 24 jam infeksi dan jika tidak ditangani, tetapi antibiotik umum dapat menyembuhkannya jika diberikan sejak dini. Gejalanya biasanya sesak nafas dan batuk sering dengan dahak tercampur darah.

6. Ebola

Penyakit yang menyebabkan pendarahan dari organ internal dan lubang tubuh dalam banyak kasus. Ebola Haemorrhagic Fever telah terjadi di sejumlah negara di Afrika. Tingkat kematian rentang dari 50 hingga 90 persen. Korban bisa meninggal dalam beberapa jam setelah gejala mereka muncul.

7. Demam hemoragik demam berdarah

Dengan infeksi virus nyamuk yang menyebabkan penyakit seperti flu yang relatif tidak berbahaya. Namun, dapat berkembang menjadi bentuk yang berpotensi mematikan. Penyakit ini dapat menghancurkan trombosit darah dan tanpa trombosit, pendarahan internal menyebabkan tubuh mengalami syok yang menyebabkan kematian dalam beberapa jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)