Share

Seberapa Sering Frekuensi Bercinta yang Normal?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 00:01 WIB
$detail['images_title']

KEHIDUPAN seks menjadi salah satu tolok ukur kebahagiaan. Tanpa seks dijamin hubungan akan menjadi hampa dan rumah tangga bisa berakhir dengan perceraian. Pertanyaannya berapa ukuran normal frekuensi bercinta untuk pasangan?

Dr. Sanam Hafeez, seorang psikolog sekaligus pendiri Comprehensive Consultation Psychological Services, mengatakan, “Penting untuk mempertahankan kehidupan seks yang dapat memperkuat ikatan dan keintiman, apalagi jika Anda sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun.”

Namun untuk mencapai semua itu, harus berapa kali berhubungan seks dalam seminggu? Ternyata, berhubungan seks dalam seminggu harus sesering ini

Sebuah studi yang diterbitkan secara daring dalam jurnal Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya berhubungan seks sebanyak 54 kali dalam setahun. Itu artinya rata-rata orang Amerika berhubungan seks seminggu sekali sepanjang tahun.

Namun demikian, angka di atas bukanlah tolok ukur yang menjadi sebuah keharusan. Sebetulnya tidak pernah ada patokan angka pasti buat menentukan berapa kali Anda seharusnya berhubungan seks dalam seminggu atau dalam setahun. Kenapa?

Penting dipahami bahwa frekuensi bercinta untuk setiap pasangan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor berbeda. Mulai dari usia, kesibukan dan gaya hidup, kesehatan masing-masing pasangan, tingkat libido alami, dan tentu saja kualitas hubungan mereka secara keseluruhan.

Itu sebabnya standar “sering seks” setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada yang setiap dua hari sekali, 3-4 kali seminggu, hingga sebulan atau dua bulan sekali. Semua ini sebenarnya masih tergolong normal dan sah-sah saja, tergantung masing-masing pasangan. Terlebih semakin tua usia Anda dan pasangan, sangat wajar untuk semakin jarang berhubungan seks karena gairah seks menurun secara alami akibat satu dan lain hal.

(Baca Juga: 7 Meme Jason Momoa Bikin Ngakak, Paras Sangar tapi Hati Hello Kitty)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nyatanya, seberapa seringnya Anda berhubungan seks dalam seminggu tidak menjamin akan lebih harmonis dan bahagia daripada pasangan yang jarang bercinta.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi terbitan jurnal daring berjudul Social Psychology and Personality Science yang melakukan survei terhadap 30 ribu orang Amerika Serikat selama 40 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan yang diminta rutin berhubungan seks seminggu sekali tidak merasa lebih puas dan bahagia daripada waktu-waktu sebelumnya.

Seperti yang telah diuraikan di atas, semarak kehidupan seks pasangan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang berbeda. Dr. Logan Levkoff, PhD, seorang edukator seks dan hubungan asmara dari New York University berpendapat bahwa kepuasan seksual tidak bisa hanya dinilai dari seberapa sering Anda berhubungan seks tapi lebih kepada kualitas komunikasi yang terbuka.

Levkoff juga menambahkan bahwa keintiman rumah tangga juga tidak hanya bisa didapatkan terbatas dari seks saja. Aktivitas lain, seperti memeluk, berpegangan tangan, mencium, pergi berkencan, hingga bekerja sama beres-beres rumah juga dapat mempererat ikatan batin Anda berdua.

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/23/196/1995013/ibu-pns-siap-ngasih-duit-buat-netizen-doyan-komentar-mau

1
2