Share

3 Event Banyuwangi Masuk 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia

Abu Sahma Pane, Okezone · Selasa 25 Desember 2018 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 25 12 1995722 3-event-banyuwangi-masuk-100-calendar-of-event-wonderful-indonesia-oUAXroDQxn.jpg Pantai G-Land Banyuwangi. Foto: Glandursuf
A A A

JAKARTA - Banyuwangi meski pun kota kecil, namun eventnya yang paling banyak masuk 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia. Hebatnya, event-event tersebut masuk secara berturut-turut dalam tiga tahun terakhir.

Ada tiga event yang masuk CoE WI. Di antaranya Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), dan Gandrung Sewu.

"Event yang masuk CoE WI itu kriterianya dilihat dari cultural values, comercial values, dan konsistensi. Jadi sudah dilakukan berapa tahun, dengan report yang bagus. Baik itu direct dan indirect impact," ujar Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Bidang Kebudayaan Taufik Rahzen, Senin (24/12/2018).

Taufik yang juga menjadi Tim Kurator CoE WI ini menjelaskan, Banyuwangi termasuk daerah yang paling konsisten menggelar event. Terlebih, semuanya dikemas dengan apik yang berpotensi mendatangkan wisatawan.

"Untuk masuk top 100 Calendar Event nasional, sebuah event harus bersaing dengan lebih dari 200 event lain se-Indonesia. Dan Banyuwangi ini sangat kreatif. Dalam setahun bisa membuat 77 event yang menarik," ujarnya.

Taufik menambahkan, untuk bisa bertahan dalam CoE WI, event harus berkelanjutan. Harus bisa menerapkan pengelolaan pre-event, on event, dan post event. Itu karena berkaitan dengan dukungan para sponsor agar memberikan nilai untung dan memberikan keuntungan.

"Sehingga penyelenggaraan event benar-benar berkualitas. Tidak asal-asalan sehingga tidak memberikan efek apapun pada ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Seperti apa 3 event Banyuwangi yang masuk CoE WI 2019? Banyuwangi Ethno Carnival merupakan salah satu acara terbesar di Banyuwngi. Event ini bahkan sudah disejajarkan dengan acara ternama kelas internasional dari Indonesia.

Acara yang sering disebut BEC ini adalah sebuah event karnaval busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda-beda. Rute yang dilalui adalah dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) adalah tur balap sepeda yang digelar sejak 2012. ITdBI diikuti para pembalap dari puluhan negara asing. Seperti Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Rute yang ditempuh ITdBI mengelilingi wilayah Banyuwangi dan mendaki Gunung Ijen, yang terkenal di dunia dengan fenomena api birunya.

Sementara, Gandrung Sewu merupakan acara tarian tradisional yang menampilkan 1000 penari secara masal. Acaranya digelar di pinggir pantai. Ribuan penari tersebut menarikan tari gandrung dengan kompak. Event ini selalu sukses ditonton ratusan ribu orang wisatawan.

Selain menarikan tarian Gandrung, mereka juga menarikan tarian tradisional Banyuwangi lainnya. Seperti gending Kembang Pepe, Seblang Lukento, Sekar Jenang, Sondreng-sondreng dan Kembang Dirmo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, standard yang deterapkan dalam CoE WI ini akan memunculkan cultural values dan commercial values dari setiap event. Khusus commercial values, harus di-monetised (dihitung nilai ekonominya), sehingga bisa diketahui dampak ekonominya kepada kesejahteraan masyarakat.

”Tugas utama Kemenpar selanjutnya adalah mempromosikan event tersebut. Serta bagaimana strategi dan memasarkan event agar memberikan nilai (value) dari segi budaya (culture) maupun ekonomi (commercial value),” kata Menpar Arief Yahya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini