Share

Sederet Kasus Eksploitasi Anak yang Sempat Booming

Blenda Azaria, Okezone · Sabtu 12 Januari 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 11 196 2003312 sederet-kasus-eksploitasi-anak-yang-sempat-booming-STai0j1DTr.jpg Kasus eskploitasi anak (Foto:Ilustrasi/Apphoto)
A A A

ANAK merupakan anugerah dan amanah titipan Tuhan yang seharusnya dijaga dan disayang sepenuh hati. Kehadiran anak juga bisa membawa kebahagiaan dan kehangatan dalam keluarga.

BACA JUGA:  Seksinya Cathy Sharon dengan Hot Pants, Foto Terakhir Tidak Pakai Celana Sama Sekali!

Namun apa jadinya jika anak yang seharusnya mendapat kasih sayang malah dieksploitasi demi keuntungan satu pihak? Dikumpulkan dari berbagai sumber, Okezone merangkum kompilasi kasus eksploitasi anak yang bikin miris. Duh, semoga tidak terulang ya!

BACA JUGA:  Lepas Bulu Mata Palsu, Begini Penampilan Baru Syahrini

 

Bocah tergeletak di Indomaret, Sarinah

Sekitar pertengahan bulan Februari tahun lalu, sebuah video berdurasi 30 detik mendadak viral di sosial media Instagram. Dalam video yang diunggah oleh akun @nanaaelena tersebut, tampak seorang pria paruh baya yang tengah duduk di kursi sembari menghitung uang hasilnya mengamen, sedangkan di depannya, seorang bocah laki-laki tergeletak di lantai dan terlihat sangat lemas.

 https://img.okezone.com/content/2018/02/14/338/1859581/fakta-di-balik-viral-bocah-tergeletak-lemas-di-minimarket-kawasan-sarinah-JPAGZUVpB8.JPG

Bocah ini merupakan korban eksploitasi anak yang dimanfaatkan demi menarik rasa iba dan simpati dari orang-orang. Berlokasi di salah satu Indomaret di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, salah satu pegawai supermarket ini menuturkan bahwa sang bocah diduga disewa dan diberi obat penenang.

 

Anak-anak Jalanan Penjual Tissue Dijual ke WNA

Awal tahun lalu, sebuah kasus eksploitasi seksual pada anak di Jakarta sempat membuat heboh publik. Pasalnya, beberapa pelaku yang ditangkap berperan sebagai perekrut dan penyalur anak-anak penjual tisu yang sering mangkal di lampu merah Blok M. Anak-anak ini kemudian dijual kepada warga negara asing. Pencabulan ini berlokasi di beberapa hotel di kawasan Jakarta Selatan.

Hasil gambar untuk PENJUAL TISU OKEZONE

(Ilustrasi anak penjual tisu/bukan sebenarnya)

Para korban diiming-imingi sejumlah uang dengan kisaran jumlah mulai dari 200.000 – 700.000, dengan syarat mereka harus mau datang dan menemui para warga asing yang terdiri dari warga negara Jepang dan Barat. Akibat kondisi keuangan para korban yang membutuhkan uang untuk kehidupan sehari-hari, mereka terpaksa menuruti kemauan pelaku.

 

Anak Pekerja Seks di Apartemen Kalibata City

 

Tahun lalu, kasus prostitusi online berkedok pijat tradisional yang terjadi di Apartemen Kalibata City sempat ramai diperbincangkan. Pasalnya, dua orang tersangka yang berperan sebagai muncikari ini menjadikan tiga anak di bawah umur sebagai pekerja seks.

Para pekerja seks atau yang disebut sebagai ‘terapis’ ini dijajakan ke pria hidung belang melalui aplikasi WeChat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini