Share

Cokelat Lebih Efektif Sembuhkan Batuk daripada Obat Sirup? Ini Kata Peneliti!

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 16:07 WIB
$detail['images_title']
Cokelat bisa redakan batuk (Foto: Yiyan)

BATUK adalah gangguan kesehatan yang terkadang terasa menyebalkan. Batuk dapat membuat tenggorokan terasa gatal dan kesulitan untuk menelan. Maka tak heran bila banyak orang yang berusaha meredakan batuk, entah itu dengan obat-obatan atau ramuan herbal.

Kini para ahli telah menemukan makanan lain yang dapat membantu meredakan batuk. Profesor Alyn Morice yang merupakan kepala penelitian kardiovaskular dan pernapasan di University of Hull mengatakan cokelat dapat meredakan batuk. Bahkan menurutnya cokelat lebih baik dibandingkan dengan obat batuk berbentuk sirup.

BACA JUGA : Busana Bertemu Jokowi Dikritik Netizen, Ternyata Segini Harga Koleksi T-Shirt Agnez Mo

"Para peneliti baru saja melihat hasil penelitian mengenai obat yang dijual bebas. Dari hasil terungkap bila obat batuk yang mengandung kakao lebih baik daripada obat standar untuk meredakan batuk," ungkap Profesor Alyn seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Sabtu (12/1/2019).

 

Dirinya memang sudah lama menghabiskan waktu untuk meneliti batuk. Selama bertahun-tahun Profesor Alyn mencoba menemukan obat terbaik. Hal itulah yang mendasarinya melakukan penelitian terhadap 163 pasien yang memiliki gangguan kesehatan batuk. Hasilnya pasien yang minum obat berbasis cokelat mengalami peningkatan penyembuhan yang signifikan dalam dua hari.

Sebenarnya ini bukan penelitian pertama yang menunjukkan cokelat dapat meredakan batuk. Sebelumnya para peneliti di Imperial College, London menemukan theobromine, alkaloid dalam kakao, lebih baik dalam menekan keinginan untuk batuk daripada kodein. Bahan tersebut sering digunakan dalam obat batuk.

BACA JUGA : Tersebar Video Bahaya Coca Cola, Simak Dulu Fakta Ini!

Lantas, bagaimana sebenarnya cokelat bisa membantu mengatasi batuk? Menurut ahli lainnya, mengisap sepotong cokelat bisa memberikan sedikit kelegaan pada tenggorokan. Tapi cokelat akan bekerja lebih efektif dalam meredakan batuk apabila dikombinasikan dengan bahan obat lainnya. Tertarik untuk mencoba?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)