Share

3 Obyek Wisata Ini Miliki Mitos Keperawanan

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 15 406 2030673 3-obyek-wisata-ini-miliki-mitos-keperawanan-yJ7W5Rx3Rk.JPG Gua Sunyaragi di Cirebon (Foto: Utami Riyani/Okezone)

Obyek wisata terkadang memiliki mitos yang menarik perhatian untuk datang berkunjung. Biasanya mitos yang berkembang di obyek wisata adalah seputar jodoh, mewujudkan keinginan, hingga dapat menyembuhkan penyakit. Tapi ada pula obyek wisata yang berkaitan dengan mitos keperawananan.

Penasaran obyek wisata apa saja yang memiliki mitos keperawanan? Simak ulasannya berikut ini seperti yang dirangkum Okezone, Sabtu (16/3/2019):

Candi Sukuh

 

(Foto: Bramantyo/Okezone)

Candi ini terletak di Desa Karanganyar, Jawa Tengah yang dipercaya dapat menjadi lokasi tes keperawanan. Konon, jika seorang perempuan berhasil ke puncak candi dan kainnya tidak robek, maka ia masih perawan. Namun jika kain yang dikenakannya robek, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Candi Sukuh memiliki bangunan berbentuk piramida khas Suku Maya di Meksiko yang dijadikan tempat tes. Jalan menuju puncak candi itu sempit dan gelap sehingga hanya muat untuk satu orang. Hal itu membuat orang yang memasukinya harus berhati-hati agar bisa mencapai puncak dengan aman.

 Baca Juga: Kisah Anissa, TKI asal Lampung yang Temukan Kebahagiaan Sejatinya di Taiwan

Gua Sunyaragi

(Foto: Utami Riyani/Okezone)

Di Cirebon ada sebuah obyek wisata yang ramai dikunjungi yaitu Gua Sunyaragi. Selain karena arsitekturnya yang Instagramable, gua ini juga menyimpan mitos menyangkut keperawanan. Dalam satu kawasan, ada beberapa gua. Salah satunya Gua Pateng yang memiliki Patung Perawan Sunti. Patung setinggi 80 cm itu bentuknya menyerupai perempuan.

Berdasarkan kepercayaan China yang dulu pernah menguasai Kota Udang, sosok di patung itu adalah Putri Oeng Tien, seorang perempuan yang tidak menikah namun bisa memiliki anak. Keperawanan sang putri dikatakan terjaga seumur hidup. Ada pula cerita lain yang mengatakan bila patung tersebut merupakan sosok Putri Sultan Cirebon yang tidak pernah menikah hingga akhir hayatnya. Cerita itu membuat masyarakat khususnya perempuan enggan menyentuh patung tersebut agar tidak bernasib sama. Saat berkunjung ke sana pun, pemandu wisata akan memperingatkan agar wisatawan perempuan yang masih perawan tidak mendekati patung tersebut.

 Baca Juga: Diselamatkan Botol Minum, Wanita Ini Selamat dari Terkaman Jaguar

Pantai Pasir Perawan

 

(Foto: Okezone)

Wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Pari tentu mengetahui Pantai Pasir Perawan. Pemandangan di pantai ini memang terbilang indah. Namun ada kisah tak biasa yang melatarbelakanginya. Konon, ada seorang gadis yang hilang di pantai tersebut dan tidak diketemukan hingga kini. Oleh karenanya pantai tersebut dinamakan dengan sesuatu yang berbau perawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini