Share

Pemuda asal Lampung Bikin Sepatu Bertenaga Listrik

Tiara Putri, Okezone · Sabtu 16 Maret 2019 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 16 612 2030853 pemuda-asal-lampung-bikin-sepatu-bertenaga-listrik-1zXzPwGvku.jpg Sudar Sudirman, pembuat sepatu bertenaga listrik (Foto: Kabar Lampung/Youtube)
A A A

Kreativitas seseorang dalam menciptakan sesuatu yang unik selalu dapat mencuri perhatian. Di Lampung ada seorang pemuda yang mampu membuat orang lain menghantarkan listrik dari tubuhnya. Namun kemampuan itu tidak terjadi karena ilmu hitam maupun hal lain di luar nalar.

Sudar Sudirman menciptakan sepatu yang memiliki tegangan listrik. Apabila orang yang mengenakan sepatu tersebut menyalakan tombol, maka dia bisa menghantarkan listrik. Berdasarkan video yang Okezone kutip dari channel Youtube Kabar Lampung, Sabtu (16/3/2019), ada beberapa jenis sepatu yang biasa dibuat olehnya.

“Jenis sepatu macam-macam. Ada pantofel, selop, sepatu kets, dan tergantung permintaan. Sepatu kain ada yang bisa, ada yang tidak,” ujar Sudar dalam video berjudul ‘Manusia Pembuat Sepatu Bertenaga Listrik Asal Lampung’ di Youtube.

 Baca Juga: Bukan Manusia, Hotel Futuristik Ini Layani Tamu Pakai Robot Canggih!

Dalam sehari, dia mengaku memproduksi sepatu yang jumlahnya tidak menentu karena tergantung pemesanan. Namun yang pasti dalam waktu semalam Sudar mampu menyelesaikan 3-4 pasang sepatu. Sepatu yang ia buat akan dirombak lalu pada bagian tertentu dimasukkan daya penghantar listrik. Pada bagian jempol dan bawah sepatu kaki, ada tombol on-off untuk mengatur aliran listrik.

“Di bagian ujung sepatu ada tombol sehingga kalau kita tekan pakai jempol kaki untuk menyalakan otomatis setrum akan mengalir dalam tubuh. Begitu juga untuk mematikan,” terang Sudar.

 Baca Juga: 5 Gaya Seksi Barbara Palvin, 'Malaikat' Victoria Secret Paling Gres!

Dari video berdurasi kurang lebih 5 menit itu, diketahui jika sepatu menggunakan sistem baterai untuk mengalirkan listrik. Jadi ketika baterainya habis, sepatu akan dicharge agar bisa mengalirkan listrik kembali.

 

“Sepatu ini bisa digunakan untuk terapi kesehatan maupun sulap. Kalau untuk sulap bisa digunakan untuk mengangkat kertas,” terang Sudar.

Hingga saat ini sepatu buatannya sudah dipesan dari seluruh Indonesia. Bahkan dari luar negeri seperti Taiwan, Korea, dan Singapura ada yang memesan sepatu buatan Sudar. Dia memang sengaja menjual sepatunya secara online dengan nama Sudar Sudirman Magicsop.

Pemesan tinggal mentransfer uang pembelian lalu sepatu tersebut akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Harga sepatu bervariasi, mulai dari Rp350 ribu sampai Rp2 juta. Perbedaannya tergantung dari tegangan pada sepatu. Anda tertarik untuk membeli?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini