Share

5 Pantai di Sukabumi yang Tersembunyi dengan Pesona Memikat

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 408 2279777 5-pantai-di-sukabumi-yang-tersembunyi-dengan-pesona-memikat-QQ32LuN2GS.JPG Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng (Foto: Instagram/@yusup.kurnia)

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai serta panorama laut yang indah. Namun, karena sebagian di antaranya tersembunyi dan tidak terekspose maksimal sehingga masih banyak wisatawan yang tidak mengetahui keberadaannya. Salah satunya pantai di Sukabumi yang memiliki pesona alam eksotis dan belum banyak terjamah wisatawan.

Terletak 120 kilometer dari Ibu Kota Jakarta, Sukabumi memiliki panorama gunung dan pantai yang sangat indah. Pantai pasir putih yang menghadap langsung ke Samudera Hindia mampu menghipnotis mata. Berikut lima pantai eksotis di Sukabumi versi Okezone.

Pulau Kunti

Pertama kali dengar namanya sudah merasa takut bukan? Tenang saja, pulau kunti hanyalah sebatas nama. Dahulu, para nelayan tidak berani untuk mengunjunginya karena mereka percaya bahwa tempat ini dihuni oleh makhluk halus. Namun, saat ini Pulau Kunti sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan daerah atau luar kota.

Pantai Kunti

(Foto: Instagram/@tedirachman)

Pulau Kunti berlokasi di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan yang ditawarkan pun tidak main-main. Pasir putih disertai pemandangan laut yang hijau nan bersih mampu menyegarkan pikiran. Tempat ini sangat baik jika ingin snorkeling, jadi kamu tak perlu jauh-jauh ke Lombok.

Ujung Genteng

Dinamakan Ujung Genteng karena lokasinya terpencil dan jauh dari keramaian. Berjarak 80 kilometer dari pusat kota, pantai pasir putih ini sangat bagus dan belum banyak terjamah oleh masyarakat. Terbukti setelah melihatnya, kondisinya masih bersih dan airnya sangat bening.

Ujung Genteng

(Foto: Instagram/@vicky_arkanemy)

Tiket masuk yang ditawarkan hanya Rp10.000 per orang. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap seperti mushola, sewa papan selancar, parkiran luas, toilet, dan lain-lain. Alamat wisata bahari ini berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan memiliki panorama alam yang tak kalah indah dengan yang ada di Bali. Pantai ini memiliki panorama alam seperti tebing dan bebatuan yang bentuknya seperti kerucut. Jika diperhatikan, sekilas karang yang berada di pantai ini terlihat seperti menggantung diatas lautan.

Karang Gantungan

(Foto: Instagram/@mibrahimii)

Pantai Karang Gantungan berlokasi di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di pantai ini, terdapat banyak karang yang timbul dari lautan. Akses ke lokasinya tidak sulit namun disarankan untuk bersama orang yang telah mengetahui karena untuk menuju tempat ini berupa jalan setapak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Muara Cipanarikan

Secara geografis, pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Pangumbahan. Muara Cipanarikan masih berada dalam satu rangkaian dengan wilayah Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap. Pengunjung hanya merogoh kocek untuk parkir saja alias tidak dikenakan biaya untuk masuk ke dalam pantainya.

Muara Cipanarikan

(Foto: Instagram/@dvhbale)

Uniknya pantai ini adalah tempat bertemunya sungai dan laut yang dipisahkan oleh pasir putih yang membentang luas. Airnya sangat jernih dan bersih. Disarankan untuk datang pagi atau sore hari karena tidak ada tempat untuk berteduh.

Pantai Karang Hawu

Di sekitar pantai, terdapat lubang-lubang pada tebing dan batu karang sehingga terlihat seperti tungku, oleh sebab itu disebut Pantai Karang Hawu. Dalam bahasa Sunda, kata Hawu berarti tungku. Untuk masuk ke pantai ini, hanya dikenakan biaya Rp2.500 dan sudah termasuk parkir.

Pantai Karang Hawu

(Foto: Instagram/@ahgoyy)

Pantai Karang Hawu dibalut dengan pasir berwarna kecoklatan dengan ciri batu karangnya yang menjorok ke lautan. Terdapat jembatan dari bambu menghubungkan antara karang satu dengan lainnya yang membuat wisatawan merasakan sensasi berjalan di atas deburan ombak. Lokasinya berada di Caringin, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini