Share

3 Destinasi Wisata Indonesia Persis di Luar Negeri, Apa Saja?

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 408 2279876 3-destinasi-wisata-indonesia-persis-di-luar-negeri-apa-saja-OAiftoJaJJ.jpg Danau Kelimutu di Flores (Foto Feel-Planet)

INDONESIA mimiliki beragam destinasi wisata yang beberapa di antaranya telah mendunia. Baru-baru ini, Pulau Bali dan Lombok dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik Asia 2020 versi Tripadvisor. Pada 2019, Indonesia rangking tujuan wisata favorit di dunia versi CN Travel.

Banyak objek wisata nusantara ternyata mirip loh dengan tempat wisata terkenal di dunia. jadi, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena semuanya ada di Indonesia.

Baca juga: Termasuk Bali, Ini 20 Tempat Paling Instagramable di Dunia 2020

Contohnya 3 objek wisata Indonesia ini yang sekilas mirip dengan di luar negeri seperti diulas oleh akun Twitter @Anggi14Dewi :

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur Vs Maasai Mara, Kenya

Taman Nasional Baluran terletak di Situbondo, Jawa Timur. Dengan luas hingga 25.000 hektare, di Taman Nasional Baluran mempunyai tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan rawa dan lain-lain. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan taman nasional baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.

Taman Nasional ini juga sering disebut sebagai miniatur sabana Afrika serta mendapat julukan Africa Van Java. Taman Nasional Baluran ini terdapat 26 jenis mamalia, 155 jenis burung dan banteng merupakan maskot atau ciri khas dari Taman Nasional Baluran ini.

ilustrasi

Baluran (IG @tongsengjamu)

Cagar Alam Nasional Maasai Mara atau Maasai Mara National Reserve adalah suatu cagar alam hewan liar yang luas di Narouk County, Kenya. Cagar Alam Nasional Maasai Mara merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Kenya, Afrika. Ada sekitar 95 spesies mamalia, amfibi dan reptile serta lebih dari 400 spesies burung yang tercatat di cagar alam tersebut.

Maasai Mara atau The Mara merupakan salah satu tujuan satwa liar terbaik di dunia. Populasi hewan liar yang tersebar di cagar alam ini diantaranya disebut Big 5, ada singa, citah, serval, hyena, rubah bertelinga kelelawar, buaya, kuda nil, babi hutan dan lainnya.

Danau Kawah Kelimutu, Flores Vs Kawah Viti Maar, Islandia

Danau Kawah Kelimutu terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau yang mempunyai tiga warna airnya dapat berubah-ubah dalam jangka waktu tertentu yakni merah, biru dan putih merupakan salah satu objek wisata populer di Indonesia.

Danau Kelimutu terletak di sebuah gunung yang mempunyai nama yang sama ini memiliki ketinggian 1.639 meter dan 3 danaunya yang cantik akan membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona.

Ada yang berpendapt perubahan tiga warna di danau tersebut diakibatkan karena aktivitas gunung yang mengalami erupsi dan menghasilkan gas secara terus menerus. Pendapat lain mengatakan perubahan terjadi karena pembiasan cahaya dari dinding kawah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Viti Maar atau yang berarti kawah neraka ini berada di Reykjahlio yang merupakan bagian dari Kaldera Krafla yang terbentuk akibat letusan gunung berapi pada tahun 1724. Warna pirus airnya menampilkan pesona alam yang menawan. Pengunjung dapat mendaki sekitar 30 menit untuk sampai ke tepian kawah yang cukup tinggi.

Gua Gong, Pacitan Vs Duong Thien, Vietnam

Pacitan dianugerahi keindahan bawah tanah yang mempesona berupa gua-gua kapur yang dihiasi stalaktit dan stalakmit. Gua yang paling terkenal dan paling indah adalah Gua Gong. Bahkan ada yang menyebut Gua Gong adalah gua terindah di Asia Tenggara.

ilustrasi

Gua Gong (Okezone)

Selain keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi ruangan gua, ada juga mata air (sendang) yang menurut penuturan warga sekitar memiliki kekuatan magis menyembuhkan beragam penyakit bagi mereka yang mempercayainya. Mata air itu antara lain adalah Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto.

Gua Thien Duong artinya gua surga yang terletak di Taman Nasional Phong Nha-ke Bang Provinsi Quang Binh, Vietnam. Gua ini mempunyai panjang 31 km dan lebar sekitar 90 meter serta pada beberapa bagian memiliki tinggi hingga 150 meter. Itu adalah gua terpanjang di Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini