Share

Sungai Warna-warni bak Pelangi di Manado Jadi Destinasi Wisata Baru

Subhan Sabu, Jurnalis · Senin 21 September 2020 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 408 2281175 sungai-warna-warni-bak-pelangi-di-manado-jadi-destinasi-wisata-baru-pIpZRoZqiV.jpg Sungai Dendengan Dalam, Kota Manado (Okezone.com/Subhan Sabu)

SUNGAI Dendengan Dalam kini tak lagi terlihat kumuh. Sungai di Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal II, Kota Manado, Sulawesi Utara ini sudah didandan cantik dan sekelilingnya dicat warna-warni bak pelangi, sehingga jadi lebih kekinian.

Baca juga: 5 Wisata Hutan Pinus di Malang, Damainya Menenangkan Pikiran

Lokasi yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sawangan ini sekarang jadi destinasi wisata baru bagi warga lokal di Manado. Lokasi ini sudah mulai ramai dikunjungi. Warga bisa bersantai di pinggir sungai atau melihat dari jembatan sambil berfoto ria.

ilustrasi

Sungai Dendengan Dalam (Okezone.com/Subhan)

Dulu, Sungai Dendengan Dalam terlihat kumuh, penuh sampah, ilalang, dan dangkal. Pinggiran sungainya juga berantakan.

Pemerintah Kelurahan Dendengan Dalam kemudian memperbaiki dan membangun taman bermain anak-anak di atas tanah bekas rumah yang hanyut diterjang banjir bandang 2014.

"Kami sudah sempat membangun taman bermain untuk anak-anak,” kata Lurah Dendengan Dalam, Benny Kaseger di Manado.

Kemudian ada salah satu perbankan milik negara membantu masyarakat merenovasi kembali tempat ini. Mulai dari taman bermain anak, bantaran sungai dan tebingnya dicat warna-warni.

Karena sudah cantik, maka sungai ini pun sudah ramai dikunjungi warga baik sore maupun malam.

Ada yang main di taman, mandi di sungai, bahkan ada juga yang datang untuk foto-foto. Di malam hari, tempat ini dipenuhi cahaya lampu yang sangat indah membuat pengunjung betah duduk berlama-lama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ronald Bilusayang, warga Dendengan Dalam mengaku senang atas perubahan besar yang terjadi di sungai tersebut. Dia mengaku sejak masih kecil sekira tahun 1980 an sering mandi di sungai itu.

"Awalnya memang di tahun 80an kami biasa mandi di sungai, melompat dari atas jembatan, tetapi berjalannya waktu terjadi pendangkalan sungai sehingga kami tidak bisa lagi mandi atau bermain," kata Ronald yang juga sebagai kepala lingkungan setempat.

Oleh karena itu, dirinya mengaku bangga taman bermain anak yang dibuat oleh pemerintah kelurahan dibuat lebih bagus lagi oleh salah satu bank BUMN wilayah Manado sehingga menjadi destinasi serta menjadi ikon baru yang cukup menggembirakan bagi warga setempat.

"Yang datang kesini banyak juga pengunjung dari luar yang datang. Ini bukan hanya jadi satu kebanggaan bagi kami masyarakat Dendengan Dalam, juga bagi Kota Manado dan Sulawesi Utara," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini