Share

Ke Aceh, Ditto dan Ayudia Terpukau Masjid Baiturrahman hingga Kulinernya

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 549 2285295 ke-aceh-ditto-dan-ayudia-terpukau-masjid-baiturrahman-hingga-kulinernya-KjDnjZ8Lms.jpg Museum Tsunami. (Foto: Okezone)

DITTO Percussion dan Ayudia Bing Slamet sempat berkunjung ke Banda Aceh untuk menyelesaikan pekerjaan. Di sana mereka pun menyempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata hingga mencicipi kuliner-kuliner Aceh.

Di Banda Aceh, Ditto dan Ayudia sepertinya paling jatuh cinta dengan kulinernya. Cita rasa kuliner Aceh yang identik dengan daging dan rempah-rempah ini memanglah menggiurkan.

Jadi penasaran kan, Ditto dan Ayudia mengunjungi apa saja di Banda Aceh? Dilansir dari video YouTube channel #temantapimenikah, berikut ini empat tempat wisata dan tempat kulineran favorit Ditto dan Ayudia di Banda Aceh.

Rumah Makan Adytia Jaya

Rumah Makan Adytia Jaya atau dikenal dengan Ayam Pramugari, lokasi rumah makan ini dekat dengan Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Banda Aceh. Selain ayam yang menjadi andalannya, di rumah makan ini juga menyediakan menu lain yang wajib dicoba salah satunya kuah bumbu gulai.

"Ini adalah bumbu gulai, rasanya beda banget. Nggak pernah ada di Jakarta atau di daerah mana pun. Dia punya kuahnya khas banget, banyak rempahnya, sedap,” ujar Ditto pada video tersebut.

Diberi nama Ayam Pramugari, bukan hanya karena rumah makan ini sering disinggahi oleh pramugari yang kebetulan lokasi di dekat Bandara, tetapi karena ayam di sini panjang dan mulus,

“Pramugari, panjang dan mulus,” ujar salah satu staf yang bekerja di Rumah Makan Adytia Jaya.

Museum Tsunami Aceh

 Aceh

Setelah kenyang menyantap Ayam Pramugari, Ditto dan Ayudia singgah ke Museum Tsunami Aceh. Pada tahun 2004 terjadi tsunami di Aceh, bencana memilukan tersebut tidak dilupakan begitu saja. Museum Tsunami Aceh dibangun dan menjadi objek wisata yang ada di Aceh, letaknya di Jalan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman, Banda Aceh.

Ketika menjelajahi museum ini, pengunjung akan diajak melewati lorong sempit dan gelap yang akan membawa pengunjung kepada gambaran suasana saat Tsunami Aceh 2004 terjadi.

Di museum ini terdapat ruang Sumur Do’a yaitu ruangan khusus berisikan nama-nama korban Tsunami Aceh, hampir seluruh korban jiwa yang dapat teridentifikasi dicantumkan namanya di sini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Masjid Baiturrahman

 Masjid

Tempat ibadah megah milik umat Islam ini dibangun dengan gaya arsitektur khas Aceh dan telah lama dianggap sebagai landmark Kota Serambi Makkah.

“Keren banget Indonesia punya kaya gini, so dateng aja ke Aceh guys. Pasti banyak banget yang keren,”ujar Ditto di Masjid Baiturrahman.

Dalam musibah tsunami di Aceh, Masjid Baiturrahman tidak mengalami kerusakan dan dialih fungsikan menjadi tempat perlindungan untuk para warga.

Restoran Banda Seafood

Wisata kuliner selanjutnya yang Ditto dan Ayudia kunjungi yaitu Restoran Banda Seafood. Bagi penikmat kuliner dan penggemar makanan laut, restoran ini menjadi rekomendasi yang baik.

“Kamu enggak bakal menyesal kalau aku bilang, bahwa Aceh memang terbaik untuk kuliner, so ke sini ya,” ujar Ditto seraya menyantap makanan di resto ini.

Di sana terdapat berbagai macam menu di Restoran Banda Seafood, dengan bumbu yang lezat dan nikmat. Duh, jadi ngiler!

Itulah 4 tempat wisata yang Ditto, Ayudia beserta anak dan timnya kunjungi saat di Aceh. Salah satu alasan mengapa Aceh menjadi best trip Ditto dan Ayudia. Terlebih hidangan makanan khas Aceh yang cocok di lidahnya.

"Orang-orangnya baik, santun dan asik! Banda Aceh juga punya bukit, ngarai, pantai dan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi,” ujar mereka ditulis pada kolom deskripsi video YouTube-nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini