Share

Menengok Danau Taman Hidup di Gunung Argapura, Penuh Misteri

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 549 2286257 menengok-danau-taman-hidup-di-gunung-argapura-penuh-misteri-cPA7PeGWgx.jpg Danau Taman Hidup. (Foto: Instagram/@withdya.tya)

BANYAK gunung populer di Jawa Timur yang disukai pendaki Indonesia. Salah satunya adalah Gunung Argapura.

Gunung dengan ketinggian 3.088 mdpl ini masih menyimpan suasana yang sangat asri lho, Okezoners. Gunung Argapura juga memiliki Danau Taman Hidup yang sangat memesona, serta flora dan faunanya yang masih terjaga.

Di balik keindahan dan keistimewaannya, Danau Taman Hidup menurut kepercayaan penduduk setempat menyimpan sisi mistis dan misteri. Yaitu adanya sosok Dewi Rengganis beserta dayang-dayangnya.

Salah satu Pendaki Gunung Yayuk menceritakan pengalamannya menaklukkan rintangan di Gunung Argapura. Seperti apa sih keseruannya?

Yayuk mengatakan, pemandangan yang paling bikin takjub di Gunung Argapura adalah Danau Taman Hidup. Karena sebelum ke danau ini kita harus lewat hutan lumut, yang mana sinar matahari tidak masuk ke dalam sama sekali karena hutannya yang masih lebat.

Baca Juga: Indahnya Pasir Timbul bak Daratan di Pulau Sika NTT

gunung

(Foto: Instagram/@deyrzkn)

"Terus Danau Taman Hidup itu benar-benar cantik banget karena itu danau yang dijaga sama Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya kalau kata penduduk setempat,” ujar Yayuk.

Dewi Rengganis dipercaya sebagai penunggu Danau Taman Hidup dan juga penunggu Gunung Argapura. Sehingga ketika berkunjung ke gunung ini, Anda selalu diimbau untuk tidak membuat kegaduhan atau ulah negatif.

Konon jika Anda melakukan perbuatan buruk dapat membuat sang Dewi Rengganis marah. Menurut cerita lain, Danau Taman Hidup juga menjadi tempat mandi dan bermainnya Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya dahulu kala.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain Danau Taman Hidup, kata Yayuk, Cikasur di gunung ini juga memiliki pemandangan indah. Di sana juga bangunan peninggalan zaman belanda dan jejak landasan pesawat waktu zaman penjajahan.

“Di Cikasur itu benar-benar luas banget. Selama pendakian cuma ada tim saya dan gunung itu serasa punya sendiri, enggak ada rombongan sama sekali. Naik ke gunung ini pun jalurnya juga lumayan masih rancu jadi harus safety,” sambung Yayuk.

Saat mendaki gunung ini sangat dibutuhkan stamina dan mental yang prima. Hal ini disebabkan banyak tantangan yang akan Anda hadapi.

Untuk pendaki pemula, menurut Yayuk, tidak disarankan untuk menjelajahi sendirian. Tentu akan lebih aman jika ditemani oleh pendaki yang sudah mengenal medan Gunung Argapura sebelumnya.

 gunung

(Foto: Instagram/@ftazzahraa)

Pendakian dengan track terpanjang di Jawa ini tentu saja membutuhkan waktu yang tidak hanya semalam atau dua malam saja. Kecuali jika Anda ingin mendaki sampai Danau Taman Hidup saja.

Gunung yang populer dengan sebutan puncak Rengganis ini berada di beberapa wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Lebih tepatnya di Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur.

Waktu normal pendakian gunung Argopuro ini biasanya 5 hari 4 malam. Atau tergantung kemampuan dari masing-masing pendaki. Jalur Bremi di Probolinggo adalah jalur yang biasa digunakan para pendaki untuk mencapai puncak.

Anda bisa memulai perjalanan ini dari Polsek Krucil, lalu menuju Danau Taman Hidup dengan waktu kurang lebih 4 jam. Lalu dari Danau Taman Hidup menuju Hutan Lumut dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Anda dapat melanjutkan perjalanan dari hutan Lumut menuju Cemara Lima sekira 2 jam perjalanan. Dari Cemara Lima tersebut Anda langsung menuju ke Angkene sekira 3 jam. Setelah itu, Anda menuju Cisentor sekitar 2 jam, dilanjut menuju rawa Embik sekitar 2 jam, dan terakhir dari Rawa Embik menuju Puncak Argopuro sekira 1 jam.

Ingat Okezoners, saat naik gunung merupakan pengalaman yang tidak dapat dibayar dengan apapun. Lelah dan letih Anda akan terbayar setelah sampai di atas puncak. Karena melihat ciptaan Tuhan yang sungguh luar biasa indahnya.

Anda juga pasti merasa bangga dengan diri sendiri. Sebab Anda bisa mengalahkan ego dan bersyukur menjadi orang Indonesia, yang kaya akan keindahan alamnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini