Share

Citando, Pemandian Air Panas Keren di Tanah Jawara

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 408 2290960 citando-pemandian-air-panas-keren-di-tanah-jawara-0viGMyjNeT.JPG Pemandian air panas Citando di Lebak, Banten (Foto: Orbit Banten)

MERELAKSASI tubuh dengan berendam di pemandian air panas cukup digandrungi masyarakat karena menyehatkan tubuh. Bagi warga Banten dan sekitarnya, merasakan air panas tak perlu jauh-jauh ke Ciater. Berlokasi di tengah hutan belantara yang masih asri, Anda bisa mengunjungi sumber air panas Citando di Kabupaten Lebak, Banten.

Berlokasi di Desa Senanghati, Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, tempat wisata yang tergolong baru ini masih alami karena dikelilingi oleh hutan rimbun dan bebatuan besar yang terdapat di aliran air.

Saat baru ditemui oleh warga, tempat ini hanya berupa hutan belantara dan lambat laun mulai dibenahi dan dijadikan salah satu objek wisata lokal. Selain menjadi objek wisata, aliran air Citando juga mengaliri ratusan hektare persawahan warga.

Bagi warga daerah berjuluk 'Tanah Jawara', air panas yang berasal dari Gunung Citando ini merupakan sumber mata air dan biasanya digunakan untuk pengobatan alternatif.

Baca juga: Ondo Langit, Jembatan Pinggir Tebing yang Memacu Adrenalin

Aroma belerang yang menyengat membuat siapapun tidak betah berlama-lama sehingga warga berinisiatif membuat aliran air panas dan menetralisir menjadi beberapa bagian agar wisatawan dapat menikmatinya sambil melakukan terapi bagi kesehatan tubuh.

Tempat ini buka mulai pukul 07.30-17.00 WIB setiap harinya dan hanya berjarak sekitar lima kilometer dari Jalan Raya Malingping.

“Potensi wisata di sini bagus sekali, bisa menambah perekonomian warga, dan kebetulan airnya ini sangat bagus sekali. Jernih, panas, ada yang hangat juga, dan kata penduduk sekitar disini belum pernah kekeringan,” ujar seorang pengunjung, Ahmad dikutip dari channel YouTube GTV News.

Lambat laun, pengunjung yang datang tidak hanya warga lokal tetapi dari luar daerah juga. Selain menjadi objek wisata, aliran air ini mengaliri ratusan hektare sawah dan menjadi sumber mata air warga. Sejak ditemukannya mata air panas Citando ini, warga di beberapa desa tidak lagi merasa terancam kekeringan akibat kemarau panjang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini