Share

Bukit Tangkeban, Wisata Instagramable di Kaki Gunung Slamet Bikin Pengunjung 'Baper'

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 408 2291589 bukit-tangkeban-wisata-instagramable-di-kaki-gunung-slamet-bikin-pengunjung-baper-klsKircy9h.jpg Bukit Tangkeban, Pemalang (Foto jatengprov.go.id)

KABUPATEN Pemalang Jawa Tengah memiliki berbagai jenis objek wisata. Salah satunya adalah Bukit Tangkeban di kaki Gunung Slamet. Lokasi ini sekarang jadi tempat favorit wisatawan usia milenial karena pemandangan alamnya menakjubkan dan instagramable. Banyak pengunjung berburu foto di sini untuk dibagi ke media sosial.

Bukit Tangkeban berada di Desa Nyalembeng, Pulosari, Pemalang dengan ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Awalnya, lokasi ini tidak terawat. Kemudian para pemuda setempat mulai menata dan mengembangkan wisata alam Bukit Tangkeban melalui Badan Usaha Milik Desa.

Baca juga: Menengok Wisata Budidaya Rumput Laut di Kota Saumlaki

Hasilnya, Bukit Tangkeban jadi salah satu objek wisata baru sekaligus favorit turis lokal dan memberi keuntungan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Mengutip dari Youtube Official iNews, Minggu (11/10/2020), wisata Bukit Tangkeban dibuka sejak awal 2018.

Bukan hanya pemandangan alam dengan hamparan hijau pepohonan dan latar Gunung Slamet saja yang jadi daya tarik Bukit Tangkeban, tapi ada sentuhan kreatifitas yang dibuat warga setempat yang sangat kekinian.

Misalnya tulisan-tulisan bernada galau yang ditulis di papan lalu ditempel di pepohonan, bisa membuat pengunjung terbawa perasaan alias baper atau tersenyum simpul membacanya.

Misalnya tulisan “I miss you mantan”, “ditinggal kawin”, “Jalan sama aku, kawin sama temanku”, “Hai mantan, balikan yuk”, dan lainnya. Tentu saja tulisan ini untuk hiburan semata.

“Banyak tulisan kayak gitu jadi hiburan juga,” ujar Yudi, seorang pengunjung Bukit Tangkeban.

Baca juga: Asyiknya Berwisata di Yogyakarta, Traveler Bisa Pelajari 5 Hal Ini

Selain itu, terdapat beberapa spot yang instagramable untuk berfoto di Bukit Tangkeban. Seperti jembatan kaca yang transparan. Berjalan di atasnya seakan melayang di udara. Wisatawan dapat foto atau selfie di sini dengan hamparan hijau dan Gunung Slamet.

Untuk mendapatkan hasil foto dengan latar belakang Gunung Slamet tanpa kabut, datanglah saat cuaca cerah dan pagi hari sekitar pukul 07:00 WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bagi penikmat sunset, tempat ini sangat cocok dijadikan teman mengopi di sore hari. Juga yang ingin menguji adrenalin sekaligus bersenang - senang, tersedia wahana sepeda layang, flying fox, dan mobil ATV.

Karena berada di perbukitan, pengunjung harus mendaki sejauh 800 meter dengan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Bukit Tangkeban ini buka mulai pukul 07:00–17:00 WIB.

Untuk harga tiket masuk dikenai Rp10 ribu per orang serta biaya parkir dua ribu rupiah. Sementara untuk berfoto di spot–spot kece yang berada di Taman Langit dan bermain beragam wahana yang ada, dikenakan Rp10 ribu per orang.

Juga tersedia penyewaan kamera DSLR jika foto yang dihasilkan ingin terlihat cantik. Bagi yang ingin menginap disediakan dengan membayar Rp75 ribu per malam. Di masa pandemi ini, jangan lupa patuhi protokol kesehatan, dan selamat berakhir pekan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini