Share

Manisnya Kue Lontar, Oleh-Oleh Khas Papua Mirip Pie Susu

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 301 2292071 manisnya-kue-lontar-oleh-oleh-khas-papua-mirip-pie-susu-LQNvmBcVRj.jpg Kue Lontar Khas Papua. (Foto: Instagram/@timtimur.id)

ANDA sudah tentu mengenal papeda sebagai makanan khas Papua. Tapi ternyata ada makanan khas lainnya dari Bumi Cendrawasih tersebut, yakni kue lontar.

Dilansir Okezone dari instagram @timtimur.id, kue lontar bentuknya mirip pie susu. Maka bisa dibilang kue ini menjadi pie susunya Papua.

Baca Juga: Asyik Nih, Wisatawan dari Luar Jakarta Boleh Liburan ke Ancol

pie

Meski menyerupai kue pie, namun ternyata kue lontar bukan pie susu raksasa. Kue ini berasal dari Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat.

Pada awalnya nama kue lontar berasal dari bahasa Belanda yaitu londtart, yang artinya kue bundar. Namun karena agak sulit dilafalkan, maka penduduk Papua menyebut kue ini menjadi kue lontar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kue lontar terbuat dari bahan dasar margarin, tepung terigu, vanilli dan susu. Biasanya disajikan pada hari-hari besar seperti misalnya Hari Raya Idul Fitri karena penduduk di Kabupaten Fak-Fak adalah mayoritas Muslim.

"Kue lontar memiliki cita rasa manis dan tekstur sajian yang bagian dalamnya begitu lembut di setiap gigitannya," tulis keterangan di laman Instagram @timtimur.id.

Ditambah bagian luarnya terdapat kue renyah gurih yang membuat rasa kue lontar ini semakin nikmat. Saat ini banyak inovasi untuk menambah cita rasa kue lontar. Seperti ditambahkan topping keju agar menjadi tambah nikmat.

"Uh nikmat bukan," tambahnya.

Saat berkunjung ke Fak-Fak atau kota lain di Papua, Anda bisa membeli kue lontar ini sebagai oleh-oleh loh. Rasanya manisnya yang khas dan dijamin bikin nagih. Mau coba?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini