Share

Spanyol Tersungkur di Kandang Ukraina

Ezha Herdanu, Okezone · Rabu 14 Oktober 2020 03:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 51 2293242 spanyol-tersungkur-di-kandang-ukraina-tOXA7CYHVt.jpg Timnas Ukraina vs Spanyol (Foto: uefa.com)
A A A

KIEV – Tim nasional (Timnas) Spanyol menjalani matchday keempat Grup 4 League A UEFA Nations League (UNL) musim 2020-2021 dengan bertandang ke markas Ukraina di NSK Olimpiyskiy, Rabu (14/10/2020) dini hari WIB. Meski tampil menekan, Spanyol harus puas menutup laga ini dengan kekalahan 0-1 dari Ukraina.

Meski harus menelan kekalahan, posisi Spanyol sebagai pemuncak klasemen sementara Grup 4 League A UNL 2020-2021 masih belum tergoyahkan. Ya skuad La Furia Roja –julukan Spanyol– masih berada di posisi teratas klasemen sementara Grup 4 League A UNL 2020-2021 dengan raihan 7 poin atau unggul satu angka dari Jerman di posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski bertindak sebagai tim tamu, Spanyol mengawali laga melawan Ukraina dengan langsung menekan. Alhasil Spanyol nyaris unggul cepat atas Ukraina, jika peluang dari Rodrigo Moreno berhasil membuahkan gol.

Tidak berselang lama, Spanyol kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membuka keunggulan atas Ukraina. Kali ini giliran Ansu Fati yang hampir mencatatkan namanya di papan skor. Namun upaya tembakan kaki kanan Fati masih belum tepat sasaran.

Pada menit ke-22, Spanyol nyaris membuka keunggulan mereka atas Ukraina pada pertandingan ini. Akan tetapi upaya sundulan Sergio Ramos yang memaksimalkan sepak pojok Sergio Canales, masih berhasil ditepis oleh Georgi Bushchan.

Ukraina vs Spanyol

Ukraina yang sedari tadi mendapatkan tekanan akhirnya berhasil keluar menyerang ketika laga memasuki menit ke-30. Bahkan Ukraina hampir saja membobol gawang Spanyol, andaikan kans yang didapatkan oleh Roman Yaremchuk tak digagalkan oleh David de Gea.

Memasuki 10 menit jelang turun minum, Spanyol kembali hampir mencetak gol ke gawang Ukraina melalui aksi Mikel Merino. Namun tembakan spekulasi Merino dari luar kotak penalti Ukraina masih mampu dibaca dengan baik oleh Bushchan.

Di pengujung babak pertama, Ukraina hampir membuka keunggulan atas Spanyol via Andriy Yarmolenko. Namun bola hasil tembakan yang dilepaskan Yarmolenko masih jauh dari sasaran. Kedudukan 0-0 pun masih menghiasi papan skor babak pertama laga antara Ukraina vs Spanyol.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua

Pada babak kedua laga ini, Ukraina yang sepanjang paruh pertama ditekan langsung mengambil inisiatif menekan pertahanan Spanyol. Alhasil, beberapa kans didapatkan Ukraina untuk bisa membuka keunggulan atas Spanyol pada menit-menit awal babak kedua laga ini.

Babak kedua berjalan 10 menit, Ukraina kembali memberikan ancaman ke pertahanan Spanyol. Kali ini giliran Roman Yaremchuk yang hampir memaksa De Gea memunggut bola dari dalam gawangnya. Namun sepakan Yaremchuk masih menyamping di sisi kiri gawang Spanyol.

Hanya berjarak 7 menit, giliran Spanyol yang mendapatkan peluang emas untuk membuat publik tuan rumah terdiam. Namun upaya yang didapatkan Spanyol melalui tembakan dari Ferran Torres masih berhasil dimentahkan oleh Bushchan.

Memasuki menit ke-70, Spanyol kembali menebar ancaman ke lini pertahanan Ukraina. Kini giliran Adama Traore yang hampir menceta gol, apabila sepakan keras kaki kanannya mampu mengenai sasaran.

Ketika laga menyisahkan 15 menit lagi, Ukraina akhirnya mampu membuka keunggulan mereka atas Spanyol. Adalah Viktor Tsyhankov yang mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakannya yang meneruskan sodoran dari Yarmolenko meluncur deras ke dalam gawang Spanyol.

Ukraina

Gol Ukraina tersebut pun membuat Spanyol kian gencar melancarkan serangan demi serangan agar bias menyamakan kedudukan. Akan tetapi rapatnya barisan pertahanan Ukraina berhasil membuat sejumlah kans yang didapat Spanyol berakhir sia-sia.

Pertandingan menyisahkan 5 menit lagi, Spanyol hampir saja menyamakan kedudukan melalui tembakan yang dilepaskan Ramos di dalam kotak penalti Ukraina. Namun sepakan kapten Real Madrid itu masih melambung tinggi di atas gawang tim tuan rumah.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Kubu tuan rumah, Ukraina, berhasil menyelesaikan laga melawan tamunya, Spanyol, dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Vitalii Mykolenko, Eduard Sobol; Serhiy Sydorchuk (Viktor Kovalenko 60’), Evgeniy Makarenko, Mykola Shaparenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Oleksandr Zubkov (Viktor Tsyhankov 67’).

Pelatih: Andriy Shevchenko

Spanyol (4-3-3): David de Gea; Jesus Navas, Sergio Ramos, Pau Torres, Sergio Reguilon; Mikel Merino (Dani Ceballos 46’), Rodri, Sergio Canales (Dani Olmo 74’); Adama Traore, Rodrigo Moreno, Ansu Fati (Ferran Torres 58’).

Pelatih: Luis Enrique

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini