Share

Loh Buaya Taman Nasional Komodo Ditutup karena Proyek 'Jurassic Park'

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 406 2299790 loh-buaya-taman-nasional-komodo-ditutup-karena-proyek-jurassic-park-Fans7apTNf.jpeg Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (Okezone.com/Dimas)

BALAI Taman Nasional Komodo menutup sementara kawasan Resort Loh Buaya di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penutupan mulai Senin 26 Oktober 2020 karena ada pembangunan sarana dan prasarana wisata di Loh Buaya yang dikenal dengan proyek ‘Jurassic Park’.

Penutupan Resort Loh Buata didasari atas pertimbangan proses percepatan penataan dan pembangunan sarana prasana wisata alam yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Resort Loh Buaya.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Komodo yang Harus Traveller Ketahui, Nomor Terakhir Khusus Wanita 

Keputusan ini juga sesuai dengan Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Perjanjian Kerjasama tersebut tertulis dalam dalam nota kerjasama Nomor : PKS2/KSDAE/PIKA/KSA 07/2020, Nomor HK.02021-DC/558 dan Nomor: HK.0201-DA/575 tanggal 15 Juli 2020 tentang Dukungan Pengembangan Wisata Alam Melalui Pembangunan Sarana dan Prasarana di Loh Buaya Pulau Rinca Taman Nasional Komodo," tulis Balai Taman Nasional Komodo dalam siaran pers yang diterima Okezone, Senin (25/10/2020).

 

Dari hasil pertimbangan pihak-pihak terkait, maka dengan ini Balai Taman Nasional Komodo mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

Baca juga:  Desa Adat Wae Rebo di Labuan Bajo Kembali Dibuka

1. Menutup sementara Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021 dan akan dievaluasi setiap duaminggu sekali.

2. Pembangunan sarpras wisata alam di Resort Loh Buaya (dermaga, pusat informasi wisatawa, jalan jerambah, dan penginapan ranger serta naturalist guide) tetap mengutamakan keselamatan satwa komodo. Setidaknya terdapat 15 individu komodo yang sering terlihat di sekitar lokasi dari total 60 individu komodo yang hidup di lembah Loh Buaya di Pulau Rinca.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Briefing harian secara konsisten dilakukan oleh petugas, pekerja maupun pengawas pembangunan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat berdampak negatif terhadap keselamtan satwa, khususnya satwa komodo.

4. Mengoptimalkan kegiatan ekowisata di daratan untuk dilakukan di Resort Loh Liang, SPTN Wilayah II Pulau Komodo dan Resort Padar Selatan, SPTN Wilayah III Pulau Padar.

5. Pelaksanaan pembangunan sarpras wisata alam serta aktivitas ekowisata di dalam kawsan Taman Nasional Komodo tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Penutupan sementara ini akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan perkembangan pembangunan Sarpras wisata alam di Resort Loh Buaya, STPN Wilayah I Pulau Rinca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini