Share

4 Kuliner Khas Pati Rasanya Jos Gandos!

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 301 2308977 4-kuliner-khas-pati-rasanya-jos-gandos-BpVDAxVhrC.jpg Swike Kerang Khas Pati. (Foto: Instagram kedailisa)

SIAPA yang tidak kenal dengan Kota Pati, kota penghasil bumi pertanian dan perikanan terbaik di Jawa Tengah. Jika Anda berkunjung ke Kota Pati jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas kota ini.

Jika berlibur ke suatu daerah, tak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner dengan racikan bumbu-bumbu khas tersebut. Seperti halnya saat berkunjung ke Kota Pati.

Okezone pun mengajak Okezoners untuk mengetahui apa saja makanan dari daerah tersebut. Yuk simak ulasan 4 kuliner khas Pati berikut ini, ditulis Jumat (13/11/2020).

Nasi gandul

nasi

(Foto: Instagram supersillychef)

Jenis makanan yang pertama ada Nasi Gandul. Yup, makanan ini sudah melegenda dan sangat terkenal baik masyarakat sekitar maupun para pelancong. Untuk Anda yang belum tahu, apa sih nasi gandul itu? Nasi gandul terdiri dari nasi putih hangat yang disiram kuah bersantan yang terdapat irisan kecil daging sapi.

Lalu Anda bisa mencampurkannya dengan telur bulat dan tempe goreng kering, tak lupa kecap sebagai bahan pemanis. Jenis tempat yang dihidangkan adalah rotan dengan alas daun pisang dengan itu Anda dapat merasakan sensasi perkampungan yang sangat damai. “Aku sebagai orang Pati sangat merekomendasikan untuk mencoba nasi gandul. Karena gimana ya rasanya yang manis dan gurih buat nagih dan tambah terus. Apalagi tempenya krenyes banget,” tutur warga Pati, Silvia.

Swike kerang

Selain terkenal dengan nasi gandul, ternyata swike kerang juga sangat terkenal dan merupakan salah satu menu wajib jika Anda berkunjung ke Pati. Cara memasak pada swike kerang terbilang sangat mudah, yaitu rebus kerang beserta cangkangnya yang sudah diberi bumbu khusus. Aromanya yang begitu dahsyat yang dapat membawa pengunjung untuk mencicipi swike kerang ini.

Kuahnya sangat segar, serta rasa pada kerangnya juga lezat. Maka dari itu, jika Anda singgah jangan lupa untuk mencicipi swike kerang khas Pati. Karena hanya di Pati Anda bisa merasakan makanan yang super yummy ini.

Baca Juga: Pemerintah Janjikan Internet Super Cepat di Labuan Bajo demi Manjakan Wisatawan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mangut kepala manyung

Jika Anda pencinta kuliner pedas, mungkin makanan ini sangat cocok di Anda, ya mangut kepala manyung. Mangut kepala manyung merupakan makanan khas Pati yang sangat pedas.

Sebab di atas kepala ikan manyung terdapat beberapa cabai setan dan disiram dengan kuah santan berwarna kuning. Cita rasa serta aroma pada hidangan ini sangatlah segar, terlebih jika Anda menyentuhnya di tempat makan yang bertemakan pedesaan.

Jangan tempe pedas

Selain Mangut Kepala Manyung, ternyata jangan tempe pedas tak kalah pedas dan enak. Jangan tempe ini merupakan tempe busuk yang dimasak dengan kuah santan yang super pedas. Saat menyantapnya, Anda juga akan merasakan rasa ketumbar, cabe serta merica yang sudah diolah menjadi satu. Jos gandos!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini