Share

Tesla, Volkswagen hingga Hyundai Minat Bangun Pabrik di Indonesia

Ferdi Rantung, Sindonews · Jum'at 13 November 2020 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 52 2308870 tesla-volkswagen-hingga-hyundai-siap-bangun-pabrik-di-indonesia-kbAPb3k29o.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tesla disebut siap membangun pabrik baterai mobil listrik di Kawasan Industri Batang, Jawa Tangah. Sejumlah produsen mobil lain juga sudah banyak yang menunjukkan minatnya berinvestasi di Indonesia.

"Untuk Tesla mereka menunjukkan ketertarikan membangun pabrik di Batang. Selain itu ada juga Volkswagen. Sebelumnya Hyundai sudah menunjukkan komitmennya membangun pabrik di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier di Jakarta.

Baca juga: Insentif Pajak untuk Pembelian Kendaraan Baru Kembali Diusulkan

Walau begitu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku pihaknya belum diajak bicara terkait investasi pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik Tesla.

"Sejauh ini kita belum tahu, baru dengar informasi dari media. Diharapkan datang ke Jawa tengah. Ya, Kita harapkan begitulah," kata Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara.

Baca juga: Mobil Transmisi Manual Mulai Ditinggalkan? 

Meski begitu, Kukuh menilai, adanya Tesla berinvestasi di Tanah Air merupakan suatu hal yang baik. Sebab, akan meramaikan industri otomotif khususnya dalam energi listrik.

"Dengan adanya Tesla bisa ikut meramaikan industri otomotif di Indonesia baik itu hybrid atau mobil elektrik" ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini